Pemprov Kalteng Beri Penghargaan Pemustaka Terbaik 2019

Kepala Dispursip Kalteng, Dra. Susana Ria Aden (tengah) foto bersama usai Acara pemberian piagam penghargaan berupa plakat dan uang tunai kepada Pemustaka Terbaik tahun 2019 berlangsung di Halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispursip) Kalteng, Senin (25/11) pagi.(Media Dayak/MMCK)

Palangka Raya, Media Dayak

     Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispursip) Kalteng memberikan penghargaan Pemustaka Terbaik tahun 2019 kepada beberapa pengunjung Perpustakaan Daerah Kalteng, Senin (25/11).

Kepala Dispursip Kalteng, Dra. Susana Ria Aden mengatakan, pemberian piagam penghargaan berupa plakat dan uang tunai kepada Pemustaka Terbaik merupakan salah satu upaya menumbuhkan semangat pengguna perpustakaan atau pemustaka untuk menggunakan semua fasilitas yang telah disediakan perpustakaan, termasuk dalam pemanfaatan koleksi dengan tujuan mendorong pemustaka akan lebih sering ke perpustakaan dan membaca buku.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang generasi penerusnya mempunyai karakter yang dibentuk dengan pola pendidikan, baik pendidikan formal dan nonformal yang mengacu pada pembelajaran, peningkatan moral dan intelektual, keterampilan serta kreatifitas dengan melibatkan peranan keluarga, sekolah maupun masyarakat,” Susana Ria Aden.

Lebih lanjut susana mengatakan, Undang-Undang 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan menyebutkan bahwa upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pengguna perpustakaan atau pemustaka. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam memanfaatkan layanan perpustakaan melalui membaca dan meminjam buku.

“Kegiatan pemberian piagam penghargaan berupa plakat dan uang tunai kepada pemustaka terbaik kita laksanakan dengan harapan yaitu mendapatkan pengunjung terbaik, peminjam terbaik mulai dari tingkat SD/MI, SMP/MTS, SMA/MAN, Mahasiswa, PNS dan Umum,” imbuhnya.

Adapun Kriteria penilaian pemustaka terbaik antara lain keaktifan kunjungan ke perpustakaan, tertib dalam mengisi buku tamu, kesinambungan dalam kunjungan ke perpustakaan, keaktifan dalam peminjaman bahan pustaka, kedisplinan dalam pengembalian bahan pustaka, sikap sopan dan ramah, tertib administrasi keanggotaan perpustakaan, dan mampu mempengaruhi orang lain agar berkunjung ke perpustakaan dan gemar membaca.

Penilaian Pemustaka Terbaik 2019 dilakukan panitia berlangsung dari bulan Januari 2019 sampai dengan November 2019. Adapun hasil pemilihan Pemustaka Terbaik tahun 2019, adalah Esti Nuran Syamela sebagai Pemustaka Terbaik Tingkat SD/MI, Radiah sebagai Pemustaka Terbaik Tingkat SMP/MTS, Faithu Arthuvachivo sebagai Pemustaka Terbaik Tingkat SMA/MA, Ahmad Safari R sebagai Pemustaka Terbaik Tingkat Perguruan Tinggi, Alfi Anshari, S.PdI sebagai Pemustaka Terbaik Pegawai Negeri Sipil, dan A. Siwayanta sebagai Pemustaka Terbaik Swasta/Umum.

Susana Ria Aden berharap ada upaya yang dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan dari berbagai pihak dalam menumbuhkan semangat pemerintah daerah dan seluruh pemangku kepentingan termasuk masyarakat.

“Saya menyampaikan apresiasi atas kerjasama dan dukungan dari semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan pemberian piagam berupa plakat dan uang tunai kepada pemustaka terbaik tingkat SD/MI, SMP/MTS, SMA/MAN, Mahasiswa, PNS dan Umum dan mengucapkan selamat kepada peserta yang telah terpilih menjadi pemustaka terbaik tahun 2019 dan berharap agar mendorong masyarakat lainnya untuk datang ke perpustakaan dan membaca buku,” pungkasnya.(MMCK)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close