Pemprov Ajak Dewan Sama-sama Tingkatkan IPM

Sekda Kalteng Fahrizal Fitri saat mewakili Gubernur Kalteng di acara penutupanorientasi bagi pimpinan DPRD dan Anggota DPRD Kabupaten/Kota se-Kalteng, Kamis (26/8). (Media Dayak/Yanting)

Palangka Raya, Media Dayak

       Indeks Pembangunan ManusiaIPM merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia (masyarakat/penduduk). IPM dapat menentukan peringkat atau level pembangunan suatu wilayah.

Gubernur provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng Fahrizal Fitri meminta Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten/Kota se-Kalteng bersama-sama tingkatkan Indeks Pembangunan Manusia di daerah ini.

“Mencermati Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021 pemerintah provinsi Kalteng, yang juga harus merupakan hal yang perlu di perhatikan oleh anggota DPRD, bagaimana meningkatkan IPM di daerahnya masing-masing,” terang Fahrizal Fitri pada acara penutupan orientasi bagi pimpinan DPRD dan Anggota DPRD Kabupaten/Kota se-Kalteng, Kamis (26/8).

Disampaikan Fahrizal, sebagaimana diketahui IPM memperhatikan tiga aspek esensial yaitu dimensi kesehatan umur panjang dan hidup sehat, dimensi pengetahuan, serta dimensi standar hidup layak, yang harus menjadi salah satu hal yang menjadi perhatian bersama.

“IPM merupakan data strategis karena selain sebagai ukuran kinerja Pemerintah, IPM juga digunakan sebagai salah satu alokator penentuan Dana Alokasi Umum (DAU),” terangnya.

Lebih lanjut, Fahrizal membeberkan saat ini, di Kalteng yang memiliki IPM tertinggi yakni kota Palangka Raya yaitu 72,50 sedangkan yang berada di posisi terendah yakni Kabupaten Seruyan yakni di kisaran angka 60 an.

“Saya berharap bapak/ibu anggota DPRD sekalian bisa mencermati angka-angka ini,” pungkas Fahrizal Fitri.(Ytm/Lsn)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close