Pemko Gelar Apel Tanggap Darurat Bencana Alam

Kapolresta Palangka Raya Kombes. Pol. Dwi Tunggal Jaladri, S.I.K., S.H., M.Hum saat membacakan amanat Kapolda Kalteng Irjen. Pol. Drs Ilham Salahudin, S.H., M.Hum dalam apel tanggap bencana alam, Jumat (10/1). (Media Dayak/Darmawanto)

Palangka Raya, Media Dayak

Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kota Palangka Raya Gelar Pasukan Aman Nusa II tahun 2020 di halaman Kantor Wali Kota Palangka Raya Km. 5.5 dalam rangka Kontingensi Bencana 2020, Jumat (10/1).

Selaku Irup dalam apel gelar pasukan di pimpin oleh Kapolresta Palangka Raya Kombes. Pol. Dwi Tunggal Jaladri, S.I.K., S.H., M.Hum dan dihadiri oleh Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin, Danramil mewakili Dandim 1016/Plk, Kejari Kota Palangka Raya, Kepala SOPD dan peserta apel TNI-Polri, Satpol PP, Damkar dan Penyelamatan, BPBD kota dan Relawan.

Dalam sambutan Kapolda Kalteng Irjen. Pol. Drs Ilham Salahudin, S.H., M.Hum yang dibacakan Kapolresta Kombes. Pol. Dwi Tunggal Jaladri, S.I.K., S.H., M.Hum mengatakan apel kesiapan ini dalam upaya mengetahui seberapa besar kesiapan personel dalam menanggulangi dan menghadapi terjadinya bencana alam. Karena menurutnya lagi saat ini sedang memasuki musim penghujan, dan harus siap mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan seperti banjir.

Lanjutnya lagi dalam amanat, Kapolda meminta agar adanya saling koordinasi pada saat menangani terjadinya bencana alam, sehingga tidak ada informasi simpang siur yang dapat mengakibatkan kepanikan. Pada amanat ini, Kapolda menekankan untuk menyiapkan satuan tugas, menyiapkan mental dan fisik satgas, meningkatkan kemampuan serta ketrampilan teknis bagi personel dan komitmen dalam penanggulangan bencana alam.

Sementara itu saat di tanya terkait kesiapan personel seusai apel Jaladri mengatakan bahwa semua personel sudah siap saat menghadapi bencana alam yang terjadi.

“Titik yang rawan bencana akan kita perhatikan dan selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Palangka Raya,” jelasnya.

Untuk tekhnisnya nanti akan kita adakan pertemuan lagi untuk membahas pembentukan satuan tugas dan juga menyiapkan peralatan sarana dan prasarana apa saja yang harus diperlukan, ungkapnya.

Sementara itu Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengatakan, bahwa pemerintah kota Palangka Raya  sudah menyiapkan apa-apa saja yang diperlukan terkait personel, sarana dan prasarana serta keperluan lainnya untuk menanggulangi dan menghadapi bencana.

“Seperti kemaren pada saat banjir ada kerusakan jembatan di daerah sebangau, kita langsung mengadakan perbaikan, memang ada beberapa titik rawan banjir yang harus kita perhatikan,” pungkas Wali Kota Fairid Naparin.(Dmt/Lsn)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close