Pemkab Lamandau Raih Penghargaan Maturitas SPIP Level Tiga

Bupati Lamandau Hendra Lesmana menerima penghargaan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) level tiga dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kalimantan Tengah, belum lama ini.(Media Dayak/Ist) 

Nanga Bulik, Media Dayak

Kabupaten Lamandau berhasil meraih penghargaan Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) level tiga dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Tengah.

“Pemkab Lamandau dinilai melaksanakan lima sub unsur kriteria penilaian SPIP,” kata Bupati Lamandau Hendra Lesmana di Nanga Bulik, Rabu (19/2).

Lima sub unsur tersebut meliputi penilaian terhadap lingkungan pengendalian, penilaian risiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi, serta unsur pemantauan.

Menurut orang nomor satu di Bumi Bahaum Bakuba itu, peningkatan maturitas atau kematangan SPIP level tiga merupakan komitmen dari semua pihak, mulai dari Inspektorat, pimpinan tinggi, hingga jajaran staf di lingkungan Pemkab.

Hal itu juga tak lepas dari pembinaan dan pendampingan intensif dari BPKP Kalteng. Capaian pemkab tersebut menunjukkan tingkat kematangan penyelenggaraan SPIP yang terstruktur dan berkelanjutan.

“Pengendalian internal Pemkab Lamandau telah berjalan dengan baik dan harus dipertahankan serta ditingkatkan kedepannya,” harapnya.

Maturitas penyelenggaraan SPIP terbagi ke dalam beberapa tingkatan yang dimulai dari level nol atau belum ada, level dua rintisan, level tiga terdefinisi, level empat terkelola dan terukur, serta level lima optimal.

Untuk itu ia meminta dengan diperolehnya Piagam Maturitas level tiga semakin memacu kinerja pemerintah daerah, sehingga target selanjutnya naik ke level empat pada tahun mendatang dapat tercapai.

Kendati demikian, Pemkab terus melakukan penguatan pengawasan dan pengendalian internal dengan mendukung Inspektorat dalam melaksanakan tugasnya.

“Dengan begitu ASN akan terus menjaga ketertiban dan kedisiplinan dalam melaksanakan tugasnya,” tegasnya.

Sementara, Kepala Perwakilan BPKP Kalteng, Setia Pria Husada mengucapkan, selamat atas keberhasilan Pemkab Lamandau yang telah mendapatkan penghargaan tersebut. 

“Kami ucapkan selamat, semoga capaian ini dapat dipertahankan dan bisa memotivasi teman-teman instansi pemda lainnya,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Penghargaan Maturitas Penyelenggaraan SPIP level tiga diserahkan oleh Kepala Perwakilan BPKP Kalteng Setia Pria Husada kepada Bupati Lamandau Hendra Lesmana saat pendampingan review atas Laporan Keuangan Pemda Tahun 2019 dan SIMDA Perencanaan. (Ant)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close