Pemkab Katingan Gelar Tepra

Suasana digelarnya Tepra yang dipimpin Wabup Katingan Sunardi NT Litang, Jum’at (7/2) lalu, di aula Bappelitbang Kabupaten Katingan.(Media Dayak/Ist)

Kasongan, Media Dayak

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan gelar TEPRA. Salah satu tujuannya adalah, untuk mempersiapkan pemeriksaan dari Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) perwakilan Kalimantan Tengah (Kalteng). Demikian sambutan dari Wakil Bupati (Wabup) Katingan Sunardi NT Litang, saat dirinya membuka kegiatan tersebut, Jum’at (7/2), di kantor Bappelitbang Kabupaten Katingan.

            Hal ini menurut Wabup wajib dilakukan setiap Pemerintah Daerah (Pemda), baik di tingkat Kabupaten maupun Kota di seluruh Indonesia, termasuk juga di Pemkab Katingan. “Karena hal ini berhubungan dengan pemeriksaan dari BPK RI perwakilan Kalteng,” katanya.

            Untuk saat ini pemeriksaan BPK RI perwakilan Kalteng menurutnya, diawali  dengan audit pendahuluan. Sedangkan audit secara rinci nantinya merupakan akhir untuk menentukan opini terhadap pelaksanaan penggunaan  Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2019.

            Sehubungan dengan itulah, orang nomor dua di Kabupaten Katingan ini mengingatkan kepada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab setempat untuk mempersiapkan dari sekarang. “Sehingga, tidak mengganggu kepercayaan BPK dalam memberikan opini Wajar WTP,” ingatnya.

            Yang perlu diingat lagi menurut Wabup, setiap OPD perlu adanya kerjasama dalam membuat suatu kebijakan pertanggung-jawaban guns mempersiapkan pemeriksaan dan audit dari BPK tersebut. (Kas/Lsn)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close