Pemkab Gelar Lomba Cerdas Cermat Wawasan Kebangsaan Tingkat SLTA

Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra didampingi Sekda Ir H Jainal Abidin MAP dan unsur FKPD ketika memberikan pertanyaan kepada para pelajar yang mengikuti Cerdas Cermat Wawasan Kebangsaan di gedung balai Antang Muara Teweh, Rabu (14/8).(Media Dayak: Lana)

Muara Teweh, Media Dayak

                Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-69 Kabupaten Barito Utara (Barut) dan Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia tahun 2019, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Utara melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KesbangPol) setempat menggelar kegiatan lomba cerdas cermat wawasan kebangsaan. Kegiatan ini diikuti pelajar tingakt SLTA/Sederajat se-Kabupaten Barito Utara, Rabbu (14/8) di gedung Balai Antang Muara Teweh.

                Bupati Barito Utara H Nadalsyah dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati, Sugianto Panala Putra mengatakan, lomba cerdas cermat tentang wawasan kebangsaan tingkat SLTA Sederajat se-Kabupaten Barito Utara yang dilaksanakan pada hari ini, sangatlah tepat.

“Lomba cerdas cermat wawasan kebangsaan tingkat SLTA Sederajat ini dalam upaya meningkatkan wawasan kebangsaan dikalangan pelajar di Kabupaten Barito Utara. Oleh karena itu saya menyampaikan apresiasi dan menyambut baik atas diselenggarakannya kegiatan ini,” kata Bupati Nadalsyah.

Bupati juga berharap agar kegiatan lomba ini dapat memberikan motivasi kepada generasi  muda dalam hal ini siswa dan siswi SLTA Sederajat se Kabupaten Barito Utara untuk selalu membekali diri dengan pengetahuan, nilai, sikap serta perilaku yang berwawasan kebangsaan. Dan juga dalam cara berpikir, bersikap dan bertindak menghadapi, menyikapi atau menanggapi berbagai permasalahan menyangkut kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Dan dapat menumbuhkan keteguhan menjaga semangat kebangsaan dan kebhinekaan untuk merekatkan persatuan bangsa. Kepada peserta lomba, saya ucapkan selamat bertanding, jagalah sportivitas dan kebersamaan yang telah terjalin dengan baik selama ini,” katanya.

Sementara, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KesbangPol) Barito Utara, Drs Langkap Umar mengatakan tujuan dari kegiatan ini untuk menumbuhkan dan memantapkan kesadaran secara dini melalui sekolah tentang pentingnya nilai-nilai nasionalisme, cinta tanah air dan patriotisme terhadap bangsa dan negara.

Selain itu, kata Langkap, meningkatkan pemahaman generasi muda tentang wawasan kebangsaan, meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif untuk membangun semangat kompetisi yang sehat antar sekolah.

Cerdas cermat wawasan kebangsaan ini diikuti sebanyak 12 sekolah tingkat SLTA Sederajat yang ada di Barito Utara. Ke 13 sekolah tersebut yaitu Kecamatan Teweh Tengah diikuti 6 (enam) sekolah, Kecamatan Teweh Baru, Teweh Selatan dan Gunung Timang masing-masing diikuti dua sekolah dan Kecamatan Lahei satu sekolah.

Pembukaan lomba cerdas cermat wawasan kebangsaan dihadiri Sekda H Jainal Abidin, unsur FKPD yang mewakili, guru pendamping, para pelajar peserta lomba dan undangan lainnya.(lna)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close