Pemdes Pendreh Gunakan DD dan ADD untuk Genjot Pembangunan

Pasar Desa Pendreh yang dibangun mengganakan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2019, dan pada tahun anggaran 2020 akan kembali dilanjutkan pembangunannya. (Media Dayak/Ist)

Muara Teweh, Media Dayak

Pemerintah Desa (Pemdes) Pendreh Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara (Barut), patut ditiru. Mereka terus mengenjot pembangunan desanya dengan menggunakan dana desa (DD) yang dikucurkan.

Kepala Desa (Kades) Pendreh, Sugian mengatakan, penduduk desa yang dipimpinnya berjumlah 600 kepala keluarga (KK) lebih, dengan mata pencaharian penduduk adalah petani dan berladang.

“Pada tahun anggaran 2019, pembangunan desa yang telah dilaksanakan menggunakan anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun anggaran 2019 di bidang pembangunan infrastruktur dan peningkatan SDM,” katanya, Jumat (24/01/2020).

Adapun hasil pembangunan dari DD dan ADD tahun 2019, yaitu pembangunan turap pasar desa, pembangunan los pasar desa tiga unit, pembangunan lapangan volly, pembangunan infrastruktur jalan Dusun Bayas (rigit beton) sepanjang 110 meter dan lebar 4 meter.

Kemudian pembangunan jalan Raden Agrapati sepanjang 97 meter, rigit sayap jembatan bok sungai Tangilan, rigit beton depan kantor desa Pendreh dan penyambungan pipa PDAM dari sungai Ambau untuk warga di RT 3, serta pembuatan bronjong bantaran sungai Pendreh. “Dan masih banyak lagi hasil pembangunan di Desa Pendreh yang menggunakan DD dan ADD,” jelasnya

Terkait pembangunan jembatan gantung Sungai Pendreh yang baru selesai dibangun, Kades Pendreh Sugian mengatakan bahwa dengan telah selesainya jembatan gantung Sungai Pendreh tersebut sangat disambut oleh warga masyarakat setempat.

“Karena jembatan gantung yang baru ini merupakan pengganti jembatan gantung yang terdahulu. Dan merupakan jembatan penghubung untuk tembus ke Desa Lemo, serta untuk warga masyarakat yang bepergian untuk bertani,” ucapnya.

Lebih lanjut Kades Pendreh Sugian mengatakan, pada tahun anggaran 2020 ini, pihaknya masih tahap penyusunan rencana kerja pemerintah desa (RKPDes) yang penyusunan perencanaan pembangunan Desa melalui musyawarah Desa.(lna/aw)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close