Pembekalan Kewirausahaan di TMMD Non Fisik Kodim 0510/Trs

  • Whatsapp

TANGERANG-TMMD-111 Kodim 0510/Trs bekerjasama dengan Universitas Untara, menggelar sosialisasi kewirausahaan kepada masyarakat bertempat di Rutan kelas I Jambe, dengan pembicara materi Rifa Atus, lilis, N.H, Rahmiati, dan Hurian Kamela, Jumat (25/6/2021).

Rifa Atus pembawa materi mengatakan, salah satu hal yang disampaikan adalah dalam hal manajemen risiko, adalah satu teori yang harus diterapkan di dalam membangun bisnis atau usaha. Karena tanpa manajemen yang baik, pengusaha tidak bisa mendeteksi hal-hal buruk yang bisa menimpa berwirausaha. Ironisnya perusahaan bisa mengalami penurunan atau kolaps tanpa bisa diketahui apa penyebabnya.

“Dengan resiko tinggi pendapatan tinggi, bapak-bapak bisa memilih mana yang lebih memberi keuntungan tinggi, wirausaha atau freelance, jika bisa menjalankan kedua-duanya itu lebih baik,” ujarnya.

Maka dari itu pengelolaan risiko adalah hal penting selain manajemen pemasaran dan manajemen bisnis selainnya. Sayangnya masih belum banyak yang mengetahui tentang teori manajemen ini. Termasuk pengetahuan terkait pengertian, komponen, jenis dan tujuan manajemen risiko dalam bisnis.

Manajemen risiko adalah segala proses kegiatan yang dilakukan semata untuk meminimalkan bahkan mencegah terjadinya risiko perusahaan. Di dalamnya ada kegiatan identifikasi, perencanaan, strategi, tindakan, pengawasan dan evaluasi terhadap hal-hal negatif yang kemungkinan akan menimpa usaha.

Bisa dibilang juga jenis manajemen ini adalah satu metode untuk mencegah perusahaan mengalami masalah. Seperti kolaps, kerugian yang besar, gulung tikar, dijauhi klien dan semacamnya. Tentu strategi sistematis ini perlu dijalankan terutama untuk pebisnis pemula.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *