Pembangunan Jalan Trans Kabupaten Tidak Seuai MoU

MELAKSANAKAN – Waket I DPRD Kabupaten Katingan, Nanang Suriansyah SP,  Ketua Komisi I Aldy dan Ketua Komisi III, Riming U Idui serta belasan anggota DPRD Kabupaten Katingan ketika melaksanakan kunker ke Desa Jahanjang Kecamatan Kamipang dalaam rangka menyaksikan langsung kegiatan pembangunan ruas jalan trans Kabupaten Katingan, Kamis (6/2) kemaren. (Foto Media Dayak/Kas)

Kasongan, Media Dayak

 Pembanguan ruas jalan trans Kabupaten yang dikejakan oleh PT Arjuna Usaha Sawit (AUS) diduga tidak sesuai dengan hasil kesepakatan (MoU) antara pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan dengan PT AUS. Oleh karena itu, Riming U Idui selaku Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Raykyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan dan sejumlah anggota Komisi III lainnya melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Desa Jahanjang Kecamatan Kamipang, Kamis (6/2), Kemaren.

             Adapun ruas jalan yang dibangun oleh PT AUS yang beraktivitas di sektor perkebunan kelapa sawit dan CPO itu.

Menurut Legislator PDI perjuangan, ini adalah ruas jalan dari Kereng Pakahi Desa Jahanjang Kecamatan Kamipang menuju Desa Gelinggang Kecamatan Kamipang dengan panjang sekitar 40 KM.

“Oleh Karena diduga tidak sesuai dengan MoU, sehingga pekerjaan ruas jalan tersebut dihentikan oleh masyarakat setempat,” kata Riming, seraya menyebutkan bahwa ruas jalan tersebut sekarang sudah dibangun oleh PT AUS sekitar 6 KM.

 Adapun alasan masyarakat setempat menghentikan pekerjaan tersebut disamping tidak sesuai dengan MoU, lahan yang dikerjakan untuk membangun ruas jalan tersebut menurutnya, sebagian masuk ke lahan masyarakat setempat. “Bahkan, informasinya mereka ketika mengerjakan di lahan tersebut tidak pernah meminta memberitahu dengan pemilik lahan,”jelasnya.

            Ketika berada di lapangan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Dan Perhubungan (PUPRP) Kabupaten Katingan, Dr Ir Rain MT, melalui Kepala Bidang (Kabid) Binamarga, Ir Heru MT, membantah dirinya telah memberikan rekomendasi untuk mengerjakan pembangunan ruas jalan di luar MoU.

            Hadir dalam kunker yang memakan waktu sekitar 7 jam lebih atau sejak pagi hingga sore itu, selain Ketua Komisi I, Aldy dan Ketua Komisi III Riming serta waket I, Nanang Suriansyah, juga belasan anggota komis I dan komisi III yang jumlahnya sekitar 17 orang anggota. Sedangkan dari eksekutif selain kabid Binamarga Dinas PUPRP dan dua orang kasinya, juga Camat Kamipang Sukarti, sejumlah Kepala desa (Kades) di kecamatan Kamipang serta puluhan masyarakat setempat. (Kas) 

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close