Pematang Karau Targetkan Produksi Benih Padi Siam Busu 30 Ton

Salah seorang petani di Kecamatan Pematang Karau sedang menggarap sawah menggunakan traktor.(Media Dayak/Ist)

Tamiang Layang, Media Dayak

Tiga Desa yang ada di Kecamatan Pematang Karau ditargetkan menghasilkan 30 ton benih padi untuk memenuhi kebutuhan benih padi unggul di Barito Timur maupun daerah lain.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Barito Timur, Riza Rahmadi saat memantau lahan penangkaran benih padi di Desa Kupang Bersih Kecamatan Pematang Karau sekaligus memastikan lahan sawah tersebut aman dari banjir. Selasa (14/1/2020).

“Benih yang ditangkar yaitu benih unggul padi lokal Siam Busu,” kata Riza.

Penangkaran benih padi itu dilakukan oleh kelompok tani di setiap desa, yakni Desa Kupang Bersih oleh Kelompok Tani Kari Hapakat, Desa Ketab oleh Kelompok Tani Nobilahi dan di Desa Lampeong oleh Kelompok Tani Mekar Sari. Masing-masing kelompok tani ditargetkan untuk menghasilkan benih padi sebanyak 10 ton.

“Selain jadi penghasil benih, kita berharap produktivitas lahan sawah di daerah ini dapat ditingkatkan sehingga kita juga menjadi produsen beras, karena kita sudah miliki rice mill dengan kapasitas produksi yang besar,” imbuh Riza.

Dengan semakin bagusnya irigasi sawah di Desa Kupang Bersih dan desa lain di Kecamatan Pematang Karau, Riza berharap diimbangi dengan produktivitas pertanian yang meningkat pula.

“Saya berharap petani di sini bisa tanam padi dua kali bahkan tiga kali dalam setahun,” ujar Riza.

Sementara itu, Babinsa dari Koramil Pematang Karau, Serma Joko Purwanto yang turut menghadiri kegiatan tanam padi, menyatakan dukungan atas program penyuluhan maupun pendampingan pertanian dari Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur.

“Selama ini kerja sama dengan TNI juga bagus dan koordinasi dengan PPL maupun Dinas Pertanian sangat bagus sehingga memudahkan kita untuk membantu petani jika mengalami kendala,” kata Serma Joko.(Rhf/aw)