Pelaku Pembunuh Ruslan Ditangkap

Atas: H Ruslan Effendi(kiri)dalam sebuah kegiatan yang semasa hidup. Bawah: Kabag OPS AKP Aries Nugroho,SH,SIK.(Foto/Novri JK Handuran).

Kuala Kurun, Media Dayak

     Kapolres Gunung Mas(Gumas)melalui Kabag OPS AKP Aries Nugroho membenarkan terduga pelaku pembunuhan terhadap H Ruslan Effendi(35)berhasil ditangkap Satreskrim Polres Gumas dengan dibantu jajaran Polres Kabupaten Lamandau.

“Penangkapan terhadap terduga pelaku pembunuhan itu dilakukan Sabtu(3/8)malam.Terduga berinisial AK dan AR yang sebelumnya diamankan di Polres Lamandau,kemudian dibawa ke Polres Gunung Mas untuk menjalani penyidikan,” kata Aries,Senin(5/8).

“Keduanya saat ini ada di sel tahanan Polres Gunung Mas.Status mereka masih terduga,dan kami masih terus melakukan penyidikan secara intensif.Soal apa motifnya,belum bisa kami sampaikan karena keduanya masih dalam penyidikan,” sambung Aries.

Hasil penyidikan terhadap AK dan AR,Aries pastikan bakal disampaikan ke media.Ia pun menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Gumas,Satreskrim Polres Gumas,Polsek Kahut (Kahayan Hulu Utara) dan jajaran Polres Lamandau atas pengungkapan kasus pembunuhan yang menimpa Ruslan.

Sebelumnya,Kapolsek Kahut Iptu Untung Basuki menuturkan kronologis penemuan janazah Ruslan Effendi. Penemuan jenazah korban bermula dari laporan isteri korban,Kristin Iban(26) Kamis(1/8)malam ke pihaknya (Polsek Kahut)bahwa ia kehilangan suaminya.Pengaduan langsung di tindak lanjuti dengan mendatangi TKP yang diduga tempat galian mengambil pasir.Di TKP itu pihaknya menemukan bercak darah. Setelah dilakukan analisa pihaknya menemukan ada dugaan tindak pidana.

“Dibantu warga dan karyawan PT KAP,kita lakukan pencarian hingga pagi hari namun hasilnya nihil. Pencarian dilanjutkan Sabtu(3/8),dengan melakukan penyisiran di pinggiran sungai Banoi,wilayah desa Tumbang Pasangon,Kecamatan Kahut,tempat pengambilan pasir areal perkebunan sawit divisi V PT KAP II. Kami temukan barang  bukti  berupa  balok,potongan gagang  cangkul yang ada darahnya dan bercak darah di pasir. Pencarian terus kita lakukan hingga 50 meter dan akhirnya kita temukan ada gundukan pasir yang tidak wajar. Gundukan pasir itu kita gali dan kita temukan korban Ruslan tanpa busana. Korban selanjutnya kita evakuasi ke RSUD Kurun,” beber Untung.

Barang bukti yang diamankan,lanjut Untung,1 lembar karpet tambang yang terdapat bercak darah,1 pasang sandal jepit warna biru dan 1 buah balok kayu ulin yang terdapat bercak darah.

“Korban seorang kontraktor,pemilik CV Rahman Jaya,Ketua Asosiasi Kabupaten(Askab)Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia PSSI Gunung Mas dan pernah menjadi caleg Partai Golkar dapil satu Kabupaten Gunung  Mas,” kata  Untung.(Nov)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close