Pasien Positif Menjadi 5 Orang, Kiriman Hasil Laboratorium Akan ke Surabaya

Wakil Kepala Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kalteng Suyuti Syamsul, di dampingi pejabat terkait saat live streaming situasi terbaru kasus Covid-19 di Kalteng, di Media Center Covid-19 Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (26/3)(Diskominfo)

Palangka Raya, Media Dayak

Pasien positif terkonfirmasi Covid-19 di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) kembali bertambah, kini menjadi 5 (lima) orang dan pasien kelima ini berdomisili di ibukota Provinsi Kalteng, yakni Kota Palangka Raya.

Wakil Kepala gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kalteng Suyuti Syamsul, mengatakan, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) 283 orang, yakni bertambah dari satu hari sebelumnya sebanyak 35 orang, sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 40 orang dengan perincian, yang telah mendapatkan hasil negatif 28 orang, 1 orang di RSUD Doris Sylvanus dan 7 orang di RSUD Sultan Immanudin Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat.

“Sampai saat ini, jumlah PDP di Kalteng masih seperti sebelumnya di delapan Kabupaten dan satu Kota,” jelas Suyuti Syamsul yang juga merupakan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, saat gelar pers release live streaming facebook terkait perkembangan terbaru covid-19, Kamis (26/3).

Suyuti menyebut, kendala yang dihadapi di daerah ini, khususnya di kota Palangka Raya, yakni untuk pengiriman sample ke laboratorium di Jakarta cukup lama dengan memakan waktu 7-10 hari, sementara bila dilakukan ke Surabaya hanya memakan waktu 2-3 hari.

Suyuti mengakui, saat ini pihak RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya belum bisa langsung mengirim hasil laboratorium menuju ke Surabaya karena ada masalah dengan sistem angkutan.

“Jadi terpaksa masih semuanya ke Jakarta, tetapi RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun sudah bisa kirim ke Surabaya. Namun, kita juga berencana mengirimkan ke Surabaya, mudah-mudahan dalam dua hari kedepan, salah satu maskapai penerbangan bisa sepakat dengan kita, sehingga kita juga mengirimkan hasilnya ke Surabaya,”katanya (YM).

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close