Pantai Sungai Bakau Dan Segintung Diserbu Warga

 

Pengunjung saat antri pada pintu masuk pantai sungai bakau  pada tahun baru 2019.(Media Dayak/Fahrul)

Kuala Pembuang, Media Dayak

Pantai Sungai Bakau yang terletak sekitar 15 km dari pusat kota Kuala Pembuang ibukota Kabupaten Seruyan dan Pelabuhan Teluk Segintung diserbu warga untuk menikmati liburan tahun baru 2019, Selasa (1/1).

“Memang sudah kebiasaan kami, setiap hari liburan tahun baru, bersama keluarga kami jalan-jalan ke Pantai Sungai Bakau,” ujar Aris, warga Sampit.

Menurutnya, bersantai bersama keluarga di hari pertama tahun baru memang sudah menjadi kebiasaan setiap tahunnya. Dipilihnya Pantai Sungai Bakau karena di pantai ini banyak terdapat pohon peneduh serta fasilitas yang semakin ditambah. “Saat ini juga ada jembatan yang menjorok ke laut sehingga semakin asyik untuk tempat berswafoto,” terangnya.

Kadis Poraparbud Seruyan Tunjarsyah mengatakan, animo warga untuk mengunjungi Pantai Sungai Bakau pada tahun baru masih tinggi. Dari data yang ada, pengunjung pantai tersebut pada tahun baru 2019 mencapai 2.265 orang.

“Ribuan orang yang berkunjung ini dari berbagai daerah, ada dari Sampit hingga Palangka Raya, yang memang sengaja datang untuk menikmati indahnya Pantai Sungai Bakau,” kata Tunjarsyah.

Sementara itu pemandangan laut lepas yang disuguhkan Pelabuhan Teluk Segintung Kuala Pembuang juga banyak diminati warga. Terbukti sejak pagi hari, kawasan pelabuhan yang terletak di sebelah barat Kuala Pembuang ini juga diserbu pengunjung.

Karena banyaknya warga yang datang ke Pelabuhan Segintung, otoritas terkait mengeluarkan kebijakan melarang kendaraan, baik roda empat maupun roda dua, untuk memasuki kawasan pelabuhan sebagai bentuk keamanan.

Menurut Rusdi salah satu petugas di pelabuhan Teluk Segintung, warga yang ingin menikmati laut lepas hanya diijinkan untuk berjalan kaki ke dermaga pelabuhan yang memiliki panjang lebih dari 1500 meter tersebut.

“Kita hanya ijinkan untuk jalan kaki sedangkan kendaraan tidak boleh masuk area dermaga ini untuk keamanan bersama, karena tahun baru pengunjung sangat banyak ke sini,” terang Rusdi.

Rahman salah satu warga yang khusus datang dari Banjarmasin mengaku kagum dengan pelabuhan milik Seruyan ini. Menurutnya, pelabuhan Segintung yang langsung menghadap laut Jawa sangat bagus.

“Selain untuk aktivitas bongkar muat, tentu dari segi kepariwisataan kawasan ini bisa diandalkan karna warga bisa menikmati indahnya laut di waktu terbit dan tenggelamnya matahari,” demikian Rahman.(Rul/aw)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close