Pantai DAS Katingan Layak Dijadikan Obyek Wisata

Kepala Disbudparpor Katingan: Mido S Mahar

Kasongan, Media Dayak

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpor) Kabupaten Katingan Mido S Mahar mengatakan, pantai di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Katingan layak untuk dijadikan obyek wisata.

“Khususnya DAS Katingan yang berada di dekat jembatan Sei Katingan kelurahan Kasongan Lama kecamatan Katingan Hilir,” katanya kepada sejumlah media, Rabu (12/02/2020).

Mido S Mahar menjelaskan, selain akses lewatnya berbagai jenis kendaraan roda empat dan roda dua dari berbagai daerah, di pantai tersebut terdapat usaha budidaya ikan keramba milk masyarakat setempat yang jumlah ribuan buah keramba.

“Hanya di Kasongan inilah kita temui ribuan buah keramba milik masyarakat yang membudidayakan berbagai jenis ikan, terutama ikan nila, ikan mas dan ikan patin,” sebut Mido.

Untuk menjadikan kawasan tersebut menjadi obyek wisata, mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Anak dan Keluarga Berencana ini menyatakan, tidak cukup hanya dengan digagas oleh satu Organissi Perangkat Daerah (OPD) saja, tapi perlu juga didukung oleh beberapa OPD lainnya.

“Harus didukung oleh Dinas PUPRP, Dinas Koperasi, Perdagangan, Perindustrian dan UMKM, Dinas Perkimtan dan sejumlah OPD lainnya, yang kesemuanya itu mempunyai tugasnya masing-masing,” tandasnya.

Jika cita-cita ini bisa tercapai, sambung Mido, yang diuntungkan bukan hanya Pemkab saja. Selain pemasukan dari sisi Pendapatan Asli Derah (PAD) terkait pajak dan retribusi, masyarakat yang berdomisili di lingkungan tersebut juga memperoleh keuntungan.

“Karena, setiap pengunjung bukan hanya sekedar menikmati keindahan obyek wisatanya saja saja, tapi mereka juga akan berbelanja yang dijual oleh masyarakat setempat,” pungkasnya. (Kas/aw)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close