Ophir Ajak Wartawan Tinjau Fasilitas Produksi dan Program Pengembangan Masyarakat

Ophir Indonesia (Bangkanai) Limited (Ophir), anak perusahaan PT Medco Energi Internasional Tbk mengajak sejumlah wartawan untuk meninjau fasilitas yang telah dibangun di beberapa desa binaan, pada Rabu dan Kamis (5-6/02/2020).(Media Dayak/Lana)

Muara Teweh, Media Dayak

Ophir Indonesia (Bangkanai) Limited (Ophir), anak perusahaan PT Medco Energi Internasional Tbk berkomitmen untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat di wilayah operasinya.

Perusahaan ini juga mendorong masyarakat untuk mengenal dan memahami industri hulu migas sebagai sektor penyedia energi nasional. Untuk itu, perusahaan mengajak insan pers di wilayah Kabupaten Barito Utara (Barut), untuk meninjau fasilitas produksi dan program pengembangan masyarakat pada 5-6 Februari 2020.

General Manager Ophir Indonesia (Bangkanai) Limited (Ophir), anak perusahaan PT Medco Energi Internasional Tbk, Herman Fauzi mengatakan, kunjungan ini ditujukan bagi wartawan yang bertugas di Kabupaten Barito Utara untuk melihat dari dekat Fasilitas Pengolahan Gas milik negara yang dioperasikan Ophir di Desa Kerendan, Kecamatan Lahei, Kabupaten Barito Utara.

“Gas yang telah diolah ini, dialirkan ke PLTMG Bangkanai kemudian listriknya dikelola oleh PLN dan didistribusikan ke wilayah Kalimantan Tengah serta sebagian Kalimantan Selatan untuk pemenuhan kebutuhan progam kelistrikan menerangi negeri sampai ke pelosok desa,” kata Herman Fauzi.

Selain melihat fasilitas pengolahan gas, Ophir juga mengajak para wartawan untuk melihat program pengembangan masyarakat, yang merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan pada desa binaan di sekitar wilayah operasi. “Desa-desa yang merupakan binaan Ophir ini meliputi Desa Kerendan, Desa Muara Pari, Desa Luwe Hulu, Desa Rahaden dan Desa Haragandang,” jelasnya.

Dikatakannya, sejumlah program yang sudah dan sedang berjalan diantaranya pembangunan sarana air bersih beserta fasilitas MCK, rehabilitasi Puskesmas dan Posyandu serta pembangunan sarana pasar, pelabuhan rakyat dan lapangan olahraga.

“Berbagai program ini merupakan hasil musyawarah dan mengacu pada perencanaan kerja pemerintahan desa (RKPDes) masing-masing. Diharapkan, program pemberdayaan masyarakat ini bisa memberikan efek manfaat berkelanjutan bagi masyarakat desa yang tinggal di sekitar wilayah operasi Ophir Indonesia,” pungkasnya.(lna/aw)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close