Nadalsyah Bersyukur Capaian IPM Barut Naik Level

BUPATI BARITO UTARA DAN KEPALA BPS-Bupati Barito Utara H Nadalsyah bersama Kepala BPS Barito Utara Ahmad Nasrullah diruang kerja bupati, Selasa (3/3).(Media Dayak:diskominfosandi barut)

Muara Teweh, Media Dayak

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Barito Utara (Barut) yang sebelumnya hanya berada di status sedang naik menjadi ststus tinggi di angka 65,12 pada tahun 2013 menjadi 70,52 pada tahun 2019.

“Status IPM kita dari yang berstatus “sedang” naik menjadi berstatus “tinggi” pada tahun 2019,” kata bupati Barito Utara H Nadalsyah saat menerima kunjungan Kepala BPS Barito Utara, Ahmad Nasrullah, Selasa (3/3) diruang kerja Bupati.

Dikatakan Bupati, meningkatnya capaian IPM ini, didasarkan pada komitmen Pemerintah Kabupaten Barito Utara yang terus memacu peningkatan pembangunan manusia. Berbagai upaya perlu dilakukan Pemerintah diantaranya, pertama, pemerintah perlu memacu laju pertumbuhan Indeks Kesehatan, Indeks Pengetahuan dan Indeks Standar Hidup Layak untuk meningkatkan laju pertumbuhan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Selain itu jelasnya, upaya peningkatan laju pertumbuhan indeks kesehatan dengan perbaikan derajat kesehatan masyarakat, dimana meningkatnya Angka Harapan Hidup yang menunjukkan tingkat kematian yang dilihat dari sisi harapan hidupnya.

“Kita telah berupaya dengan pembangunan rumah sakit yang telah diresmikan penggunaannya pada awal tahun 2018, peningkatan status puskesmas menjadi puskesmas rawat inap, mengaktifkan posyandu dengan berbagai kegiatan pelayanan kesehatan serta kegiatan-kegiatan lainnya,”ungkap Bupati.

Kemudian, lanjut Bupati, upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan baik dari segi ketersediaan fasilitas pendidikan, kualitas tenaga guru maupun keterjangkauan biaya pendidikan. “Dan terakhir adalah infrastruktur jalan yang secara masif dilaksanakan pembangunannya. Dengan infrastruktur yang baik,dapat mendukung peningkatan kualitas kesehatan, pendidikan dan taraf ekonomi masyarakat,”katanya.

Pemerintah Daerah masih dan akan terus berupaya agar kualitas infrastruktur jalan bisa terus ditingkatkan demi keterjangkauan kepada fasilitas kesehatan, pendidikan dan pemerataan perekonomian di wilayah Kabupaten Barito Utara yang lebih mantap lagi. (lna)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close