Musrenbang Merupakan Proses Perencanaan Pembangunan

Sekda Katingan Nikodemus

Kasongan, Media Dayak

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) merupakan salah satu awal dari beberapa tahapan proses perencanaan pembangunan. Demikian yang disampaikan Bupati Katingan Sakariyas dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda Katingan Nikodemus pada acara Musrenbang tingkat kecamatan Katingan Hilir, Senin (10/02/2020), di aula Bappelitbang Kabupaten Katingan.

Hal itu menurutnya, sesuai dengan amanat Undang Undang (UU) Nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah.

Musrenbang menurutnya, sangatlah penting dan strategis. Karena, di samping untuk menjaring aspirasi masyarakat di wilayah kecamatan, juga untuk menghasilkan kesepakatan yang sangat fundamental dalam usulan prioritas kecamatan, sebagai bahan dalam penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun anggaran 2021. “Oleh Karena itu, kegiatan musrenbang ini pulalah yang akan menjadi rujukan dalam penyusunan KUA PPAS dan RAPBD Kabupaten Katingan tahun anggaran 2021,” terangnya.

Musrenbang merupakan saluran resmi yang dipersiapkan untuk menyalurkan aspirasi masyarakat dalam rangka memperoleh akses yang memadai dalam kebijakan perencanaan pembangunan dan penganggaran daerah.

Nikodemus berharap, mutu proses dan hasil Musrenbang ini berjalan baik. “Karena, sangat menentukan efektivitas penyaluran aspirasi dan kebutuhan masyarakat,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan Musrenbang tersebut, diantaranya sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan, sejumlah unsur Muspika kecamatan Katingan Hilir, Camat Katingan Hilir, sejumlah Kepala Desa (Kades) dan Lurah se-kecamatan Katingan Hilir, tokoh masyarakat di kecamatan Katingan Hilir, pelajar SMA, Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Katingan, khususnya dari daerah pemilihan (dapil) Katingan I. (Kas/aw)

image_print
Menampilkan lebih banyak

Periksa juga

Close
Close