Minggu Keempat Juli, 196 Calon Jemaah Haji Barito Timur Diberangkatkan

Tamiang Layang, Media Dayak

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur (Bartim), Kalimantan Tengah (Kalteng) rencananya memberangkatkan 196 calon jemaah haji di wilayah setempat pada pekan keempat bulan Juli 2019.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur Khairul Anwar melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Janawi mengatakan, calon jemaah haji yang terdiri dari 85 laki-laki dan 110 perempuan didampingi satu orang petugas itu sudah dalam keadaan siap diberangkatkan.

“Para jemaah sudah harus masuk asrama haji di Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan pada tanggal 22 Juli 2019 nanti ” kata Janawi dihubungi Antara Kalteng dari Tamiang Layang, Jum’at (5/7).

Dijelaskan Janawi, beberapa proses sudah dilaksanakan para jemaah diantaranya pelunasan tahap 1, 2, dan 3 hingga pembuatan paspor. Selain itu, pengecekan kesehatan serta manasik tingkat kabupaten dan kecamatan juga sudah dilaksanakan. Sedangkan pembuatan visa masih dalam proses pihak berwenang.

Sesuai jadwal awal dari Kanwil Kemenag Kalteng, jemaah dari Barito Timur yang tergabung dalam kelompok penerbangan 10 akan diberangkatkan pada tanggal 19 Juli 2019. Namun, pada tanggal 3 Juli, pihak otoritas pada Ditjen Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag RI menerbitkan jadwal terbaru, sehingga jadwal jemaah berubah yang awalnya harus masuk asrama haji tanggal 20 Juli menjadi tanggal 22 Juli 2019.

“Jadi kita masih menunggu edaran resmi Kanwil Kemenag kalteng untuk kepastian keberangkatan jemaah se Kalteng,”kata Janawi.

Dirinya pun berharap jemaah tidak merisaukan perubahan jadwal pemberangkatan. Tetapi lebih kepada mempersiapkan diri untuk keberangkatan nanti, mulai dari menjaga kesehatan hingga pakaian dan peralatan haji yang diperlukan.

Jemaah haji Barito Timur yang tergabung dalam kloter 10 embarkasi Banjarmasin (BDJ) akan berangkat bersama-sama dengan jemaah dari Kabupaten Kapuas dan Murung Raya plus petugas kloter dan tim petugas haji daerah (TPHD).

Kemenag Barito Timur menugaskan H As’ari S.Ag sebagai petugas haji daerah yang mendampingi jemaah haji sebagai membimbing dalam melaksanakan ibadah haji di Mekkah, Saudi Arabia.

“Mohon do’a dan restunya agar jemaah haji kita bisa berangkat dengan selamat dan nanti bisa kembali menjadi haji yang mabrur dan dalam keadaan sehat wal afiat,” demikian Janawi. (Ant)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close