Masyarakat Diminta Tingkatkan Keterlibatan Aktif Pengembangan Pariwisata

Objek Wisata Kereng Bangkirai di kota Palangka Raya ini masih menjadi perhatian serius pemerintah setempat agar mampu menjadi kawasan objek wisata andalan. (Foto Media Dayak/Antara Kalteng)

Palangka Raya, Media Dayak

Legislator Kota Palangka Raya Heri Purwanto meminta masyarakat semakin terlibat aktif dalam pengembangan sektor pariwisata di daerah setempat.

“Apabila kesadaran dan terlibat aktif masyarakat dapat terealisasi maka berbagai objek wisata yang ada di wilayah kita semakin dikenal luas,” kata dia di Palangka Raya, akhir pekan lalu.

Dia mengatakan keterlibatan masyarakat dalam pengembangan pariwisata dapat dilakukan dengan turut mengelola dan menjaga kondisi lingkungan dari sisi kebersihan, keamanan, dan kenyamanan.

“Selain itu sekarang ini masyarakat khususnya di Kota Palangka Raya, sebagian besar memiliki serta menggunakan media sosial. Ini peluang yang harus dimanfaatkan oleh sebagai ajang mempromosikan pariwisata yang ada,” katanya.
Politikus Partai Hanura itu, menyebut potensi pariwisata di “Kota Cantik” tersebut tidak kalah dengan potensi wisata di daerah lain.

Namun, kata dia, kelemahan sekarang ini, berbagai potensi tersebut belum sepenuhnya terkelola dan terpublikasi dengan baik.

Dia mengatakan pengembangan sektor pariwisata tak bisa dibebankan kepada pemerintah, tetapi memerlukan dukungan nyata berbagai elemen masyarakat, baik kalangan pengusaha swasta maupum masyarakat umum lainnya.
Adanya pariwisata yang terkelola dan terpublikasi dengan optimal, katanya, akan mengangkat nama daerah sehingga akan berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi sekaligus membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.
Di antara potensi pariwisata di wilayah Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah itu, yakni Taman Nasional Sabangau, Wisata Air Hitam Kereng Bangkirai, Bukit Tangkiling, dan kawasan wisata Sei Gohong.

Selain itu, objek wisata bernilai sejarah, seperti Tugu Soekarno yang merupakan lokasi peletakan batu pertama pembangunan Kota Palangka Raya oleh Presiden pertama Indonesia.

“Sejak saat ini gerakan sadar wisata dan aksi Sapta Pesona semakin melekat di seluruh kalangan sehingga semakin meningkatkan kesadaran masyarakat agar terlibat aktif menjaga, mengembangkan sekaligus mempromosikan objek pariwisata yang ada,” katanya.(Ant/Lsn)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close