Lima Karyawan Koperasi Diduga Tipu Koperasi CUSR Rp16 Milyar

KOPERASI CUSR-Koperasi Credit Union Sumber Rejeki (CUSR) yang berada di Jalan Pendreh Kelurahan Melayu Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara (Barut).(Media Dayak:ist)

Muara Teweh, Media Dayak

Sebanyak lima orang karyawan Koperasi Credit Union Sumber Rejeki (CUSR) yang berada di Jalan Pendreh Kelurahan Melayu Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara (Barut), dilaporkan pemilik koperasi CUSR ke Polres Barito Utara (Barut).

Ke lima orang karyawan Koperasi CUSR tersebut dua perempuan dan tiga laki-laki. Mereka dituduh dengan dugaan menggelapkan dana koperasi CUSR tersebut senilai Rp 16 miliar. Para pelaku masing-masing, Endang Murti (39), Plasida Miraja(35), Willa Hasti Mandiri (31), Adolfus Sebastianus Wora (38), dan Jemikun als Oyot (37).

Kapolres Barito Utara AKBP Dodo Hendro Kusuma SIK melalui Kasat Reskrim Polres Barito Utara, AKP Kristanto Situmeang Selasa (18/2) membenarkan adanya kasus penggelelapan yang dilakukan bermajaah oleh lima karyawan Koperasi Credit Union Sumber Rejeki (CUSR).

Menurut Kasat Reskrim modus yang mereka lakukan, melakukan pinjaman dan pencairan fiktif menggunakan data nasabah yang sudah tidak aktif lagi.

Ia juga menjelaskan awal terungkapnya kasus ini bermula saat dilakukan audit keuangan terhadap Koperasi CUSR Kantor Pelayanan Muara Teweh.

Dalam audit tersebut ditemukan fakta, para pelaku membuat berkas pinjaman fiktif anggota agar bisa mengambil uang Koperasi sebanyak Rp16.604.727.167,- (Enam Belas Milyar Enam Ratus Empat Puluh Juta Tujuh Ratus Dua Puluh Tujuh Ribu Seratus enam Puluh Tujuh Rupiah). Kesemuanya diakui para pelaku untuk  kepentingan pribadi.

“Salah satu tersangka ada yang menggelapkan dana hingga angka yang cukup besar sebesar Rp16 miliar. Jumlah 16 miliar lebih ini dilakukan pencairan fiktif sudah sejak lama. Dan kelima pelaku disangkakan pasal 374 KUHP,” terang Kristanto.

Terkait kasus penggelapan dana koperasi ini pihak Koperasi Credit Union Sumber Rejeki (CUSR) tidak memberikan statmen saat sejumlah wartawan menemui di kantornya di jalan Pendreh Muara Teweh.

“Sesuai petunjuk dan arahan dari pimpinan di pusat, saat ini kami tidak bisa memberikan komentar dulu. Jika ingin mengetahui lebih jelas silahkan menghubungi kuasa hukum kami,” ujar salah seorang petugas keamanan bernama di koperasi CUSR.(lna)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close