Legislator Minta Pelayan Kesehatan Tidak Tinggalkan Tempat Tugas

Anggota DPRD Kabupaten Katingan, Ignatius Mantir L Nussa

Kasongan, Media Dayak

Anggota DPRD Kabupaten Katingan, Ignatius Mantir L Nussa meminta dengan tegas kepada semua petugas pelayan kesehatan, yang bertugas di Pustu, di Puskesmas Maupun di RSUD Mas Amsyar agar tidak meninggalkan tempat tugasnya.

Mantir menyampaikan permintaan tersebut karena cuaca yang tidak menentu saat ini membuat orang rentan terserang penyakit. “Untuk itulah petugas atau pelayan kesehatan, terutama di Pustu dan di Puskesmas, agar tetap standby di tempat tugasnya. Sehingga, ketika pasien membutuhkan, dengan cepat pula ditangani,” jelasnya, Senin (27/01/2020).

Jika pasien tidak bisa ditangani di Puskesmas lantaran kurangnya fasilitas atau skill tenaga kesehatan, Mantir mengimbau agar pasien dirujuk ke RSUD Mas Amsyar-Kasongan secepatnya, sehingga dapat ditangani lebih lanjut.

Mantir juga mengingatkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan agar menyediakan semua jenis obat-obatan yang dibutuhkan oleh pasien, baik di Puskesmas maupun di RSUD Mas Amsyar. “Jangan sampai ketika pasien membutuhkan obat lantaran terkena muntaber atau DBD, ternyata stok obat kosong, dan pasien atau keluarga pasien disuruh menebus di apotik luar,” tegasnya.

Legislator PDI Perjuangan ini juga meminta kepada semua masyarakat di 13 wilayah kecamatan kabupaten Katingan agar selalu waspada menghadapi cuaca yang sedikit agak ekstrem sekarang ini. Pasalnya, hujan yang hampir setiap hari turun di awal tahun ini tidak menutup kemungkinan membuat debit air juga meningkat.

“Meskipun tidak kita inginkan, namun jika terjadi musibah banjir, hendaknya mulai sekarang mempersiapkan segala kebutuhan. Diantaranya melakukan komunikasi dari berbagai pihak terkait, sehingga informasi kalian bisa ditindaklanjuti oleh instansi terkait,” harap anggota dewan asal daerah pemilihan (Dapil) Katingan III ini.

Yang tidak kalah pentingnya juga, dirinya mengingatkan kepada masyarakat agar waspada bila ada keluarga yang terkena penyakit DBD, muntaber, diare ataupun penyakit lainnya. “Secepatnya diperiksa atau dibawa berobat ke Pustu atau ke Puskesmas terdekat agar bisa dtangani dengan segera. Jangan sampai ditunda-tunda,” tutup Mantir. (Kas/aw)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close