Legisaltor Terpilih Diharapkan Terus Memperjuangkan Aspirasi Masyarakat

H M Yahya

Kasongan,  Media Dayak

adikan hasil orientasi yang diperoleh beberapa waktu lalu utuk pedoman menjalankan tugas dan fungsi (tufoksi) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan. Demikian yang dikatakan H M Yahya, tokoh masyarakat Kabupaten Katingan, akhir pekan lalu.

            Maksudnya, ilmu yang dipoeroleh sejumlah anggota DPRD Kabupaten Katingan selama 5 hari masa orientasinya di hotel Bahalap Palangka Raya dua hari yang lalu hendaknya menjadi acuan dan pedoman untuk melaksanakan tufoksi sebagai anggota dewan, seperti fungsi legeslasi, budgething dan kontroling dalam rangka melaksanakan amanah dan kepercayaan masyarakat serta memperjuangkan aspirasi masyarakat Kabupaten Katingan.
Lanjutnya, meskipun sudah mendapatkan ilmu tentang kedewanan, dirinya juga berharap kepada semua unsur pimpinan beserta anggota DPRD Kabupaten Katingan hendaknya jangan berhenti sampai di situ saja, tapi senantiasa untuk memperbaharui dan meningkatkan terus ilmu pengetahuannya, baik secara umum maupun secara khusus.

            Karena, lembaga legeslatif ini menurutnya marwahnya harus dijaga, bukan saja saat ini, tapi untuk seterusnya. Artinya, seorang legeslator harus kapabelitas dan kredibilitas. “Maksudnya, supaya masyarakat Katingan yang tadinya memilih mereka untuk menjadi legeslator di DPRD Kabupaten Katingan ini betul-betul layak untuk mewakili konstituentnya.,” jelas mantan anggota DPRD Kabupaten Katingan priode 2004 – 2009 ini.

            Menurut dia, dalam hal ini seorang legeslator sebaiknya meningkatkan ilmu pengetahuannya. Hal ini dalam rangka meningkatkan kinerja anggota dewan itu sendiri. Sehingga mereka juga bisa mengimbangi para kepala Satuan Organisasi Perangkat Daeraf (SOPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat.
Karena, sejumlah kepala SOPD di Pemkab Katingan ini pendidikannya minimal Starta (S-1), sementara perbandingan antara kepala SOPD jabatannya menurutnya setara dengan anggota DPRD.

“Oleh karena itu, saya berharap kepada anggota DPRD Kabupaten Katingan yang belum mengantongi ijazah S-1 hendaknya melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi sehingga bisa mengimbangi saudara kita yang menjabat sebagai kepala SOPD,” himbau salah seorang dosen di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMP) Kampus II Kasongan ini.

            Adapun salah satu perguruan tinggi yang ditawarkannya untuk melanjutkan pendidikannya menurutnya, adalah di UMP Kmpus II Kasongan, dan salah satu fakultasnya yang sesuai dengan kedudukannya seorang legeslator adalah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

“UMP Kampus II Kasongan ini, kampusnya di Jalan Tjilik Riwut KM 1,5 Kasongan,” sebut alumni doctoral (S-3) di salah satu perguruan tinggi di pulau Jawa ini. (Kas/Lsn)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close