Lanjutkan Pembahasan Dua Raperda Inisiatif Pemprov, DPRD Kalteng Bentuk Pansus

Muhajirin

Palangka Raya, Media Dayak

Kalangan DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) secara resmi membentuk Panitia Khusus (Pansus), guna membahas kelanjutan dari dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif terkait Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat, serta Raperda terkait Pencabutan Perda Kalteng nomor 4 tahun 2004.

Menurut anggota DPRD Kalteng sekaligus Ketua Pansus 2 Raperda Inisiatif H. Muhajirin, berdasarkan kesepakatan bersama saat menggelar rapat gabungan pembentukan Pansus, pihaknya akan segera melakukan pembahasan dengan stakeholder terkait yaitu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng, agar 2 Raperda Inisiatif ini bisa segera .

“Kita baru saja membentuk Pansus untuk membahas 2 Raperda inisiatif yang diusung oleh pihak Pemprov dan setelah ini kita akan menjadwalkan untuk melakukan pembahasan, agar dua Raperda inisiatif terkait Ketertiban Umum dan Ketentraman masyarakat serta pencabutan Perda Kalteng nomor 4 tahun 2004, terkait pengelolaan asrama mahasiswa milik Pemerintah Kalteng ini bisa segera disahkan menjadi Perda,” Ucap Muhajirin, saat dibincangi Mediadayak.co.id, di Gedung Dewan, jalan S.Parman, Selasa (11/2).

Wakil ketua Komisi I DPRD Kalteng yang membidangi Hukum dan Pemerintahan ini juga mengatakan, pembahasan 2 Raperda Inisiatif Pemprov ini, telah diserahkan kepada Komisi I, namun tetap akan dibantu oleh beberapa perwakilan dari Komisi II, III dan IV.

“Dalam pembahasan 2 Raperda Inisiatif Pemprov ini, telah disepakati bahwa pembahasannya diserahkan kepada Komisi I dan tentunya kita siap untuk melakukan pembahasan, kendari demikian, nantinya tetap ada masing-masing perwakilan dari Komisi lain untuk membantu. Diantaranya yaitu Komisi II sebanyak 2 orang, Komisi III 2 orang, komisi IV 2 orang dan Perwakilan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), sehingga total keseluruhan anggota Pansus ini adalah 15 orang,” Terangnya.

Disisi lain Sekretaris Komisi I DPRD Kalteng sekaligus wakil ketua Pansus 2 Raperda Inisiatif Pemprov Sirajul Rahman Mengungkapkan, meskipun tidak bersifat Krusial, pembahasan 2 Raperda inisiatif ini tetap akan menjadi prioritas utama.

“Yang nama Raperda, apalagi Raperda ini adalah Raperda Inisiatif tentu kita ingin secepatnya diselesaikan dan disahkan menjadi Perda, mengingat masih ada sejumlah Raperda lainnya yang juga harus kita bahas dan walaupun tidak bersifat mendesak, namun akan tetap kita jadikan prioritas,” Pungkas wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) IV, meliputi Kabupaten Barito.Timir,.Barito Selatan, Barito Utara dan Murung Raya ini. (Nvd)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close