KPU minta dukungan Pemkab Barito Timur sukseskan Pilgub 2020

MENYERAHKAN – Ketua KPU Kalimantan Tengah (Kalteng), Harmain Ibrahim menyerahkan alat sosialisasi saat audensi dengan Sekda Bartim Eskop di Tamiang Layang, Jumat (6/3) kemarin. Media Dayak/ANTARA/KPU Bartim

 Tamiang Layang, Media Dayak     

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Harmain Ibrahim, meminta dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Timur (Bartim), agar ikut dan terlibat aktif dalam mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah yang diselenggarakan pada tahun 2020.

“Dukungan tersebut sangat diperlukan agar program nasional yakni pemilu serentak 2020 dalam hal ini adalah Pilkasa Kalteng bisa berjalan dengan sukses,” kata Harmain saat dihubungi dari Tamiang Layang,Minggu (8/3).

Menurutnya, dukungan Pemkab Bartim dimaksudkan agar partisipasi masyarakat pada Pilgub Kalteng tetap tinggi seperti kesuksesan pada Pilkada 2019 kemarin. KPU Kalteng juga optimis pelaksanaan pilkada serentak nasional di Barito Timur  tidak menghadapi kendala dan berjalan dengan lancar sesuai dengan tahapan.

“Untuk itu dukungan Pemkab Barito Timur  dan masyarakatnya sangat diharapkan guna menciptakan demokrasi indah, Kalteng batuah,”kata Harmain.

Menurutnya, kunjungan juga dilakukan pada kabupaten dan kota se-Kalteng guna meminta dukungan agar Pilkada Kalteng berjalan dengan sukses. Sebagaimana amanah undang-undang, Pemerintah Kabupaten dan Kota wajib mendukung program nasional pemilu maupun pilkada serentak.

Sementara itu, Ketua KPU Barito Timur, Andi Amyanu Gandrung, mengatakan, kesuksesan penyelenggaraan pemilu maupun pilkada, menjadi tanggungjawab bersama. Artinya, kesuksesan penyelenggaraan pemilu maupun pilkada bukanlah tanggungjawab lembaga penyelenggara KPU dan Bawaslu semata, akan tetapi menjadi tanggung jawab bersama mulai dari Pemerintahan Desa, Pemerintahan Kecamatan, Pemerintahan Kabupaten, Pemerintahan Provinsi hingga pemerintahan di tingkat pusat.

Oleh karena itu, lanjutnya, untuk kelancaran pelaksanaan tugas, wewenang, dan kewajiban penyelenggara pemilu, pemerintah dan pemerintah daerah wajib memberikan bantuan dan fasilitasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Momentum Pilgub Kalteng yang tinggal beberapa bulan lagi harus bisa jadikan sebagai salah satu semangat untuk lebih menghormati hak-hak dan kedaulatan rakyat, khususnya di Kabupaten Barito Timur.

“Dan kami akan berupaya maksimal agar bisa mengulang kesuksesan Pemilu Serentak 2019 di Pilkada Serentak 2020. Untuk itu kami sangat mengharapkan kerjasama dan bantuan dari semua pihak,”kata Andy Amyanu Gandrungp

Dalam minta dukungan Pemkab Barito Timur, Ketua KPU Kalimantan Tengah, Harmain didampingi Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM Eko Wahyu Sulistiobudi bersama Ketua KPU Bartim, Andy Amyanu Gandrung dan anggota beraudensi dengan Pemkab Bartim, Jumat (6/3) pekan kemarin. Dalam audensi, Pemkab Bartim diwakili Sekda Eskop, karena berhubung Bupati Bartim Ampera AY Mebas sedang dinas luar.

Pada kesempatan audensi, Ketua KPU Kalimantan Tengah. Harmain menyerahkan, alat sosialisasi diantaranya  maskot Pilkada Si Balanga serta baju kaos yang bertuliskan angka 23 untuk mengingatkan dan menginformasikan pelaksanaan Pilkada serentak pada 23 September 2020. (Ant)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close