KPU Barut Bentuk PPK Sembilan Kecamatan

MENDAFTAR – Para pelamar anggota PPK, saat mendaftar ke KPU Barito Utara. (Media Dayak/KPU Barut)

Muara Teweh, Media Dayak

     Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Utara (Barut) membentuk anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) di sembilan kecamatan di wilayah Kabupaten Barito Utara.

     Ketua KPU Barito Utara, Malik Mulyawan mengatakan dalam pembentukan PPK ini, pihaknya membuka penerimaan pendaftaran pada 18-24 Januari 2020 di KPU Barito Utara. Dan perpanjangan pendaftaran dari 25-27 Januari 2020.

     “Pada tanggal 25-27 Januari dilakukan penelitian administrasi, kemudian pengumuman hasli penerlitian administrasi pada 28-30 Januari,” kata Ketua KPU H Malik Mulyawan, Selasa (28/1) kemarin.

      Selanjutnya, kata dia pada 31 Januari dilakukan seleksi tertulis, tanggal 1-3 Pebruari dilakukan pemeriksaan hasil seleksi tertulis. Dan pada tanggal 4-6 Pebruari pengumuman hasil seleksi tertulis.

      “Dari pengumuman hasil seleksi administrasi sampai selesai hingga pengumuman hasil seleksi tertulis tersebut, diminta kepada masyarakat untuk memberikan tanggapannya terhadap calon anggota PPK ini dan waktunya selama 11 hari,” jelasnya.  

       Kemudian pada 7-9 Pebruari dilakukan tes wawancara, dan pada 15-22 Pebruari hasil pengumuman hasil wawancara dan dicari 10 besar. “Untuk hasil wawancara ini masyarakat kembali diminta tanggapannya,” kata Maili Mulyawan.

      Lebih lanjut dikatakannya, tanggal 23-23 Pebruari klarifikasi tanggapan masyarakat, kemudian pengumuman pasca hasil klarifikasi tanggapan masyarakat pada 27-28 Pebruari. “Pelantikan PPK dilaksanakan pada 29 Pebruari dan masa kerja PPK pemilihan 2020 selama sembilan bulan mulai 1 Maret hingga 30 November 2020.

     Malik Mulyawan juga mengatakan saat ini yang sudah terdaftar dan menyerahkan berkasnya untuk Kecamatan Teweh Tengah sebanyak 55 orang dengan rincian 32 laki-laki dan 23 peremupan. Teweh Baru 24 orang, laki-laki 9 (sembilan) orang dan 15 perempuan, Teweh Selatan 10 orang, 7 (tujuh) laki-laki dan 3 (tiga) perempuan.

      Kecamatan lahei 20 orang, laki-laki 12 orang, perempuan 8 (delapan) orang, Lahei Barat 14 orang, laki-laki 9 (sembilan) orang dan 5 (lima) perempuan, Gunung Purei 5 (lima) orang, 3 (tiga) laki laki dan 2 (dua) perempuan.

       Kecamatan Teweh Timur 12 orang, 6 (enam) laki-laki dan 6 (enam) perempuan, Gunung Timang 10 orang, masing masing 5 (lima) laki-laki dan perempuan dan Kecamatan Montallat 10 orang, 6 (enam) laki-laki dan 4 (empat) perempuan.

    “Untuk Kecamatan Gunung Purei masih kekurang kouta, pihak panitia masih menjaring anggota PPK. Anggota PPK di setiap kecamatan sedikitnya berjumlah 10 orang. Hingga saat ini jumlah calon anggota PPK yang sudah terdaftar 160 orang di sembilan Kecamatan,” kata Ketua KPU Barito Utara.(lna)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close