KPU Barut Adakan Lomba Pentas Kreasi Seni dan Konser Musik Pemilih Pemula

Atas : Para peserta lomba pentas kreasi seni sangat antusias mengikuti lomba yang diadakan KPU Barito Utara d arena Tiara Batara Muara Teweh, Sabtu (9/3) kemarin.(Media Dayak : Biskominfosandi Barut)

Bawah : Para peserta yang meraih juara pada lomba pentas kreasi seni foto bersama Wakil Bupati Sugianto Panala Putra usai menyerahkan hadiah, di arena Tiara Batara Muara Teweh, Sabtu (9/3) malam. (Media Dayak : Diskominfosandi Barut)

Muara Teweh, Media Dayak

         Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Barito Utara (KPU Barut) mengadakan lomba pentas kreasi seni pemilih pemuda yang diadakan di Tiara Batara Muara Teweh, Sabtu (9/3). Kegiatan ini guna mensosialisasikan Pemilu serentak yang sebentar lagi dilaksanakan khususnya kepada generasi muda sebagai pemilih pemula.

Kegiatan ini diikuti ratusan peserta dari tingkat SD, SMP, dan SMA. Mereka sangat antusias dalam mengikuti lomba yang mengusung Tema “Pemilu dan Aku” dan sub tema “Ekspresikan Harapanmu”.

Plt Ketua KPU Barito Utara, H David Suisdarto mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan merupakan salah satu cara yang dilakukan KPU RI dalam meningkatkan partisipasi dan kesadaran dalam menggunakan hak pilih nagi pemilih pemula di Indonesia pada umumnya dan Kabupaten Barito Utara pada khususnya.

“Harapannya sekaligus menjadikan para peserta sebagai penyambung informasi kepemiluan terutama dilingkungan sekitar khususnya keluarga, karena tidak semua pemilih memiliki hak pilih memahami tentang haknya juga menyangkut cara menggunakan hak pilihnya. Sehingga nantinya setelah kegiatan ini berakhir, asas manfaat yang di timbulkan terus berlanjut,” kata H David.

Sementara itu ditempat yang sama, pada malam harinya KPU Barito Utara memberikan pemahaman pada pemilih pemula melalui konser musik. Konser yang mengambil tema “Pemilu Berdaulat Negara Kuat,” dimeriahkan oleh artis Ibukota dan artis lokal Barito Utara.

Konser musik yang dilaksanakan di arena Tiara Batara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra, Wakil Ketua I DPRD, Ketua dan jajaran KPU, dan undangan serta warga masyarakat Barito Utara dan sekitarnya.

Bupati Barito Utara H Nadalsyah dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati, Sugianto Panala Putra mengatakan bahwa pada tahun ini akan di laksanakan pemilihan umum secara serentak yakni Presiden dan Wakil Presiden, DPR-RI, DPD-RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/kota tanggal 17 April 2019.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa pemilu serempak 17 April nanti, tidak sama dengan pemilu tahun yang lalu. Dimana yang akan dipilih ada lima surat suara dan kotaknya ada lima kotak suara, ini akan sedikit membingungkan pemilih,” jelas Sugianto Panala Putra.

Surat suara yang berwarna hijau untuk DPRD kabupaten/kota, warna biru untuk DPRD Provinsi, warna merah DPD, warna kuning DPR-RI, dan warna abu-abu untuk Presiden dan Wakil Presiden. “Termasuk cara mencoblosnya perlu penjelasan yang lebih intensif dan mudah di pahami,” kata Sugianto mengakhiri sambutan Bupati.

Selain sosialisasi juga dilaksanakan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba short video instagram pemilu 2019 dan lomba pentas kreasi seni (lomba lukis), yang di serahkan langsung Wakil Bupati Barito Utara, Wakil Ketua I DPRD, dan Plt Ketua KPU.

Kegiatan ini merupakan salah satu cara yang dilakukan KPU RI dalam meningkatkan partisipasi dan kesadaran dalam menggunakan hak pilih yaitu lewat konser musik, terutama bagi pemilih pemula atau pemilih milenial di Indonesia pada umumnya dan Kabupaten Barito Utara pada khususnya. Untuk jumlah pemilih terdaftar dalam DPT Kabupaten Barito Utara, jumlah pemilih pemula dalam Pemilu 2019 sebanyak 103.374.(lna/aw)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close