Komuditas Selain Padi Patut Di Kembangkan

M. Erwin Toha

Kuala Pembuang, Media Dayak

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, M. Erwin Toha mengajak seluruh lapisan masyarakat khususnya para petani agar bisa lebih kretif dan inovatif dalam mengambangkan suatu komuditas.

Menurutnya, meskipun hingga saat ini dominasi komuditas yang dikembangkan oleh para petani adalah padi, namun hendaknya bisa pula komuditas lainnya.

“Kita mendorong para petani agar mengembangkan komuditas lain di lahan persawahan mereka, untuk mewujudkan keanekaragaman pangan di daerah kita,” katanya di Kuala Pembuang, Kamis.

Ia mengatakan, pengembangan komuditas selain padi ini bisa dilakukan di sela-sela lahan persawahan di sekitar bantaran atau pembatas sawah yang mereka miliki.

“Komuditas pertanian beraneka ragam dengan pola tumpang sari tentu saja sangat menguntungkan bagi masyarakat, karena untuk menambah ragam komuditi, pola tersebut juga membuat lahan pertanian berfungsi optimal,” ujarnya.

Ia menjelaskan, para petani harus jeli dalam mengembangkan komuditas sesuai dengan kondisi geografis yang ada di lahan persawahan dan wilayah mereka.

“Karena biasanya ada suatu wilayah yang bagus ditanami padi, di wilayah satunya komuditas yang lain, hal seperti ini harus benar-benar dipahami, agar para petani bisa mengembangkan komuditas yang mempunyai nilai ekonomis tinggi, namun tetap sesuai dengan kondisi lahan pertanian mereka,” ungkapnya. (Rul)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close