Kinerja Guru Patut Dinilai Demi Pendidikan Yang Lebih Baik

Kadisdikbud Gumas,Muhamad Rusdi,(delapan dari kanan) didampingi Ketua MKKS Ujis (sembilan dari kanan)bersama peserta kegiatan Diseminasi Penilaian Kinerja Guru Pendidikan Dasar Untuk MKKS Dan KKKS Serta Guru Dan Rakor USBN Tingkat SMP Kabupaten Gumas.(Foto/Novri JK Handuran)

Kuala Kurun,Media Dayak

         Kinerja guru yang ada diwilayah Kabupaten Gunung Mas(Gumas)patut dinilai.Penilaian dilakukan untuk menentukan tingkat kompetensi seorang guru,menjamin bahwa guru melaksanakan tugas dan kewajibannnya dengan baik dan mempertahankan sikap yang positif dalam mendukung pembelajaran peserta didik untuk meraih prestasi.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Gumas,Muhamad Rusdi,dalam arahannya kala membuka kegiatan Diseminasi Penilaian Kinerja Guru Pendidikan Dasar Untuk MKKS(Musyawarah Kerja Kepala Sekolah)Dan KKKS(Kelompok Kerja Kepala Sekolah)Serta Guru Dan Rapat Koordinasi(Rakor) USBN(Ujian Sekolah Berstandar Nasional)Tingkat SMP Kabupaten Gumas,Jumat(22/3)di GPU Tampung Penyang Kuala Kurun.

Menurut Rusdi,guru yang kinerjanya baik,dapat menjamin terjadinya proses pembelajaran yang berkualitas,karena pendidikan sejatinya menciptakan manusia yang cerdas,pandai dan berbudi pekerti baik.

Dia pun mengingatkan semua guru di Gumas untuk malaksanakan tugas dan kewajiban dengan baik,penuh tanggung jawab dan dedikasi.Kedisiplinan guru menurutnya sebuah keniscayaan untuk terciptanya pendidikan yang berkualitas,karena majunya daerah ini tidak terlepas dari sumber daya manusianya yang baik,terutama generasi muda sebagai pelaku pembangunan.

Dunia pendidikan pun sambung Rusdi,selalu berubah.Suka tidak suka,perubahan itu harus diikuti semua guru melalui penyiapan diri menjadi guru yang berkualitas,guru yang ucapan dan perbuatannya dapat memotivasi peserta didik untuk kelak menjadi pribadi yang ilmu dan akhlaknya baik.

“Tunjukkan bahwa pendidikan di Gunung Mas ini semakin baik melalui ketaatan dan kedisiplinan guru dan kepala sekolah(Kepsek) dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.Pendidikan harus dapat memerdekakan peserta didik dari kebodohan dan kemiskinan.Mereka tidak boleh bodoh dan miskin.Mereka harus pintar,berketerampilan dan berbudi pekerti yang baik,” tutur Rusdi.

Rusdi pun berharap USBN maupun UNBK tingkat SMP/MTs di Gumas berjalan baik.Rakor USBN tingkat SMP/MTs diharapnya terwujud kesamaan persepsi,pelaksanaan USBN SMP/MTs di Gumas sesuai Prosedur Operasional Standar(POS)yang sudah ditetapkan Badan Standar Nasional Pendidikan(BSNP).

“Kalau UNBK(Ujian Nasional Berstandar Komputer),Gunung Mas sudah siap.Dalam pelaksanaannya nanti,kita harapkan tidak ada kendala,berjalan lancar,peserta lulus semua dengan hasil yang baik,” tukas Rusdi.

Ketua MKKS Isen Mulang Gumas Ujis menyebut,tujuan Rakor USBN Tingkat SMP/MTs untuk menyamakan persepsi seluruh kepala sekolah penyelengara USBN agar pelaksanaan USBN April mendatang sesuai Prosedur Operasional Standar(POS)yang sudah ditetapkan Badan Standar Nasional Pendidikan(BSNP).

“Prosedur Operasional Standar USBN merupakan ketentuan yang mengatur penyelenggaraan teknis pelaksanaan USBN,” jelas Ujis seraya menambahkan kegiatan diikuti Kepsek SD dan SMP serta ketua MGMP(Musyawarah Guru Mata Pelajaran).(Nov/Lsn)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close