Ketua Umum Dekranas Dorong UKM Untuk Lebih Giat dan Kreatif

Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Mufidah Yusuf Kalla didampingi Ketua Dekranasda Kalteng Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran, saat meninjau salah satu produk UKM di galery CBS Dekranasda Kalteng,, Senin (15/7). (Media Dayak/Yanting)

Palangka Raya, Media Dayak

      Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Mufidah Yusuf Kalla mendorong para Usaha Kecil Menengah (UKM), pengrajin agar lebih giat dan kreatif supaya dapat bersaing di pasaran.

Pasalnya menurut Mufidah,industri kerajinan merupakan bagian dari ekonomi kreatif yang bertumbuh dengan sangat cepat berkembang hampir di seluruh tanah air dan sangat bervariasi dari skala mikro sampai skala menengah.

Ketua Dekranas juga mengatakan,produk kerajinan secara historis sangat dekat dengan keseharian kehidupan rakyat Indonesia, oleh sebab itu produk kerajinan bisa menjadi andalan mata pencaharian terutama dengan pemanfaatan bahan baku lokal.

“Berdasarkan hal itu, produk kerajinan yang diproduksi para Usaha Kecil Menengah (UKM) sangat banyak jenis dan ragamnya, dari anyaman gerabah, keramik, perhiasan, batik, tenun, kerajinan logam, kerajinan kayu, dan lain-lain,” ujar Mufidah Yusuf Kalla didepan Wakil Gubernur Kalteng dan Ketua Dekranasda Kalteng serta pejabat yang hadir saat peresmian galery CBS Dekranasda Kalteng, Senin (15/7).

Bahkan belakangan menurut pihaknya, berkembang pula kerajinan yang memanfaatkan bahan baku dari bahan daur ulang. 

“Demikian juga di Kalteng telah berkembang berbagai produk kerajinan yang mengangkat ragam hias kebudayaan daerah seperti, anyaman dari rotan, batu kecubung, manik-manik dan lain-lain,” tuturnya.

Menurut Mufidah tidak dapat dipungkiri bahwa dengan beragamnya kekayaan budaya menjadi inspirasi bagi perkembangannya produk kerajinan,  sebagaimana diketahui dengan berkembangnya produk kerajinan hampir di seluruh pelosok tanah air, maka persaingan antar produk sejenis baik regional, maupun nasional tentunya akan semakin ketat. 

“Oleh karena itu diperlukan upaya-upaya nyata untuk mendorong para UKM, pengrajin agar lebih giat lagi supaya dapat bersaing di pasaran,” tandasnya.

Pihaknya juga nenyadari bahwa pengrajin yang umumnya berskala kecil dan menengah memiliki keterbatasan dalam berbagai aspek.

“Oleh sebab itu, keberadaan dakungan dari Dekranasda provinsi, kabupaten/kota sangatlah penting,” ujar istri orang nomor dua di Republik Indonesia ini.

Dalam kunjungannya ke daerah ini Mufidah berharap peran Dekranas dan Dekranasda dapat terus ditingkatkan untuk menggali potensi produk kerajinan Nusantara yang dapat dikembangkan.

Ditemani istri Mantan Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno dan istri Mantan Wakil Presiden ke-11 Boediono, Herawati Boediono, Mufidah di terima langsung oleh Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail bin Yahya dan Ketua Dekranasda Kalteng Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran dan pejabat terkait lainnya yang hadir di kegiatan peresmian galery CBS milik Dekranasda Kalteng.(Ytm/Lsn)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close