Kesehatan Balita Perlu Mendapat Perhatian

BERIKAN VITAMIN A-Bupati H Nadalsyah didampingi Wakil bupati Sugianto Panala Putra, Wakil Ketua I DPRD Permana Setiawan dan Plt Kadis Kesehatan memberikan Vitamin A kepada balita pada Musrenbang RKPD di aula Kecamatan Teweh Tengah, Rabu (5/2).(Media Daya/Lana)

Muara Teweh, Media Dayak

Bupati Barito Utara H Nadalsyah mengatakan masalah kesehatan balita yang sangat perlu mendapat perhatian bersama adalah masalah stunting. Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita yang disebabkan oleh kekurangan gizi kronis yang terjadi saat bayi masih dalam kandungan sampai anak berusia 2 tahun.

Stunting menyebabkan gagal tumbuh pada anak sehingga anak memiliki tinggi badan yang lebih pendek dibanding anak seusianya. Stunting juga menyebabkan gagal kembang dan hambatan kognitif pada anak sehingga anak stunting menjadi tidak produktif.

“Untuk itu mari bersama-sama kita cegah stunting dengan cukupi gizi selama masih hamil dan balita pada anak, lengkapi imunisasi dan perbaiki sanitasi. ”Itah Barut Ela Hindai Stunting”,” kata bupati saat membuka Musrenbang RKPD Rabu kemarin.

Nadalsyah juga mengatakan bahwa bulan Februari merupakan bulan pemberian vitamin a kepada balita. Untuk itu, ia himbau kepada semua masyarakat pada bulan ini agar membawa balita umur 6 bulan-5 tahun ke posyandu, polides, poskesdes maupun puskesmas untuk memperoleh vitamin a secara gratis.

“Berilah vitamin A untuk anak-anak kita agar anak-anak kita memiliki mata yang sehat serta daya tahan tubuh yang kuat terhadap serangan berbagai penyakit. Pemberian vitamin A adalah salah satu investasi untuk putra-putri kita dalam menghasilkan generasi yang berkualitas,” kata bupati Nadalsyah.(lna/Lsn)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close