Kepastian Plasma Dan Pengelolaan Hutan Jadi Perhatian Serius DPRD Kalteng

Lohing Simon

Palangka Raya, Media Dayak

Kalangan DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menegaskan bahwa saat ini, kepastian pemberian plasma dari pihak investor Perusahaan Besar Swasta (PBS), khususnya yang bergerak dibidang Perkebunan kepada masyarakat yang bermukim di seputaran Perusahaan tak luput dari perhatian pihak dewan.

Menurut anggota DPRD Kalteng Lohing Simon, banyak Perusahaan yang beroperasi di Bumi Tambun Bungai namun belum melaksanakan kewajibannya yaitu realisasi Plasma dan pengelolaan hutan kepada masyarakat, perhatian terkait pemberian Plasma dan pengelolaan hutan akan menjadi target pencapaian DPRD Kalteng khususnya Komisi II.

“Harapan kami, dalam kurun waktu 5 tahun kedepan ini persoalan plasma terakomodir oleh pihak pengusaha. Target berikutnya terkait tentang hutan kemasyarakatan, sehingga masyarakat dapat kepastian jelas dalam mengelola hutan”Ucap Lohing Simon, saat dibincangi Mediadayak.co.id, di Gedung Dewan, jalan S.Parman, Kamis (16/1).

Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) I, meliputi Kabupaten Katingan, Gunung Mas dan Kota Palangka Raya ini juga mengatakan, kedepannya DPRD Kalteng akan lebih kepada mendorong bagaimana pengolaan atau pemanfaatan hutan oleh masyarakat sehingga mendapat pengakuan dan dalam menyelesaikan hal tersebut, pihaknya akan meminta sejumlah pendapat dari para ahli maupun akademisi yang ada di Kalteng untuk dapat membantu.

“Keinginan saya Komisi II ini punya target, jadi fokus. Siapa tahu selama 6 bulan dapat diselesaikan, sehingga kedepan bisa menyelesaikan persoalan yang lain.” Pungkas ketua Komisi II yang membidangi Perekonomian dan Sumber Daya (SDA) ini.(Nvd)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close