Kembangkan RSUD Muara Teweh, Gubernur Hibahkan Rp 25 Miliar

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran didampingi pejabat terkait saat meninjau RSUD Doris Syvlanus Palangka Raya beberapa waktu lalu. (Media Dayak/Yanting)

Palangka Raya, Media Dayak

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) fokus kepada pembangunan infrastruktur dan pendidikan. Selain kedua hal tersebut Gubernur H. Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Habib Ismail bin Yahya juga memberikan perhatian khusus di bidang kesehatan.

Salah satu contoh bentuk komitmen dan perhatian Gubernur untuk bidang kesehatan di daerah ini, pada 2019 lalu Gubernur Sugianto Sabran telah menghibahkan dana sebesar Rp 25 miliar untuk pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara (Barut).

Kepala Badan Keuangan (Bakeuda) Kalteng Nuryakin menyebutkan, RSUD yang menjadi perhatian salah satunya yakni RSUD Muara Teweh tersebut. Pasalnya, RS tersebut ditarget menjadi RSUD rujukan di wilayah Barito yang meliputi Barito Selatan (Barsel), Barito Timur (Bartim), Barito Utara (Batara) dan Murung Raya (Mura).

“Jadi Gubernur meminta kepada kami untuk memberikan bantuan dana hibah untuk pembangunan RSUD Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara” sebut Nuryakin saat dibincangi, awak media Senin (13/01).

Nuryakin mengungkapkan, dana yang digunakan dalam hibah tersebut merupakan dana hibah yang dikeluarkan langsung oleh Bakueda Kalteng. Sehingga pihaknya berharap agar dana hibah tersebut dapat menambah sarana prasarana yang memadai untuk pelayanan kesehatan masyarakat di wilayah kawasan daerah Barito dan sekitarnya.

“Terlebih, RSUD tersebut rencananya untuk rumah sakit rujukan di wilayah Barito,” bebernya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalteng Suyuti Syamsul mengatakan, pihaknya akan melakukan pengawasan dan memberikan pendapat teknis dalam pembangunan tersebut. 

“Harapannya pun sama, bantuan tersebut diharapkan dapat memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat dalam berobat, dan lain-lainnya. Di sisi lain pembangunan RS dan peningkatan pelayanan kesehatan merupakan salah satu perhatian serius Gubernur kita,” pungkasnya. (Ytm/Lsn)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close