Kedemangan Jabiren Raya Kembali Gelar Festival Budaya Manggatang Utus

Saiful Damang Kecamatan Jabiren Raya

Pulang Pisau, Media Dayak

Sebagai Wujud Kecintaan terhadap Budaya Asli Dayak Kalimantan Tengah serta dalam rangka Melestarikan dan mempertahankan Adat Budaya Dayak, Kedemangan Jabiren Raya kembali akan menggelar Festival Budaya yang sesuai Agendanya akan dilaksanakan Pada Akhir Bulan Oktober Mendatang.
Saiful, Damang Kecamatan Jabiren Raya ini berharap dengan diselenggarakannya Festival Budaya ini akan Terus menumbuhkembangkan Kecintaan Para Putra Putri Dayak bahkan yang Non Dayak sekalipun terhadap Adat dan Budaya Dayak.

Dengan Festival ini pula seluruh Masyarakat khususnya Putra Putri Dayak bisa lebih mengetahui Budaya Budaya Dayak yang sebenarnya ada sejak dari Jaman Leluhur Dayak namun keberadaan nya hampir tdk pernah diangkat bahkan kurang dilestarikan, “ujarnya kepada Media Dayak, Jumat (28/9).
Dijelaskan, penyelenggaraan kegiatan tersebut sudah siap kadan untuk sumber dana dari kas Kedemangan Jabiren Raya.

Untuk operasional Kepanitiaan dan Acara telah ditugaskan kepada seksi usaha Dana untuk bergerak dan berusaha meminta bantuan dalam bentuk proposal yang harapan nya semua pihak para donatur dimulai dari Pemerintah Daerah, OPD, BUMN dan BUMD para pengusaha daerah yang ada dapat berperan dengan membantu agar Festival ini dapat terselenggara dengan baik.
Lebih lanjut dikatakannya, festival kali ini adalah merupakan Festival Ke Tiga kalinya diselenggarakan mengingat Festival Budaya ini adalah Program Dua Tahunan Kedemangan Jabiren Raya dibawah Kepemimpinan Damang Termuda di Kabupaten Pulang Pisau bahkan di Kalimantan Tengah ini,  Namun Wawasan dan Pengetahuan serta Kecintaanya terhadap Adat Budaya Membuat Dirinya layak Menjadi Damang bahkan Menjadi Tokoh Adat Dayak yang layak diperhitungkan melihat Wawasan dan Pemikirannya yang Luas terhadap Adat Budaya dan Keberadaan Dayak.
“Saya Yakin Semua Pihak sepakat dan mendukung kegiatan ini, oleh karenanya Mari Bersama kita bergandengan tangan saling bahu membahu Handep Hapakat untuk sukses nya kegiatan ini, Salam Budaya, Salam Sujud Karendem Malempang Adil Katalino Ba’Curamin Kasuraga Basengat Kajubata, Arus Arus Arus,” Salam Damang Jabiren mengakhiri.(HM/Lsn)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close