Kalteng Trade Expo Ajang Maksimalkan Produk Unggulan

Sekda Kalteng Fahrizal Fitri memotong pita sebagai tanda dengan resmi Kalteng Trade Expo 2020 dibuka, Sabtu (07/03/2020) Malam (Media Dayak Yanting)

Palangka Raya, Media Dayak

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Fahrizal Fitri mengatakan, Kalteng trade expo 2020 merupakan ajang memaksimalkan produk unggulan Kalteng dari bahan ramah lingkungan seperti rotan, getah nyatu dan produk produk herbal khas Kalteng.

Fahrizal juga berharap, beberapa produk unggulan itu dapat turut andil dalam kegiatan perdagangan luar negeri. “Potensi sumber daya alam kita tersebut begitu besar dan berpeluang untuk kita maksimalkan dan diharapkan menjadi produk unggulan Kalteng di kancah Internasional,” beber Sekda Kalteng Fahrizal Fitri saat membuka Kalteng trade expo 2020 di arena Pameran Temanggung Tilung, Sabtu (07/03/2020) malam. 

Untuk menghadapi persaingan perdagangan luar negeri, Fahrizal Fitri menyatakan, diperlukan promosi dagang dalam bentuk pameran yang tepat sasaran, efektif dan efisien, sehingga produk kalimantan tengah dapat bersaing di pasar global. 

“Oleh karena itu, saya menyambut baik kegiatan pameran Kalteng Trade Expo, yang merupakan kegiatan ajang gelar produk produk unggulan berorientasi ekspor dan unggulan kreatif inovatif, yang dikemas melalui karya-karya kekinian dan terbungkus kental akan nilai budaya dan tradisi serta menampilkan beraneka karya dan inovasi mulai berbagai hasil olahan rumahan dan industri kerajinan,” ujarnya.

Sekda mengungkapkan, kegiatan yang diprakarsai oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian provinsi Kalteng serta didukung oleh SOPD pemerintah provinsi Kalteng, bersama pelaku usaha binaan dan pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalteng, diharapkan menjadi sebuah terobosan dari berbagai kegiatan yang pernah digelar, guna lebih mengembangkan hasil karya nyata dalam upaya bersama untuk meningkatkan ekspor Kalteng.

“Saya mengharapkan kegiatan ini dapat memotivasi dan memberikan semangat untuk melakukan pembenahan di seluruh sektor sesuai target pemerintah provinsi Kalteng serta mendorong sekaligus peningkatan pendapatan asli daerah dimasa mendatang demi mewujudkan Kalteng Berkah,” pungkasnya.(Yanting/aw)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close