Kalteng Jalin Kerja Sama Dengan Elit Agro UEA

Gubernur Kalteng H. Sugianto selaku dari pihak Pemprov Kalteng menandatangani Letter of Intent dengan Elite Agro Uni Emirat Arab yang diwakili oleh Abdulnonem Al Marzooqi dari kedutaan UEA yang di Indonesia. Penandatanganan tersebut dilakukan di ruang rapat Sekda Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (17/10). (Media Dayak/Yanting)

Palangka Raya, Media Dayak

       Gubernur provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran, pada Kamis (17/10) melakukan penandatanganan Letter of Intent antara pemerintah provinsi Kalteng dengan Elite Agro Uni Emirat Arab (UEA) LLC. Kerjasama tersebut merupakan kerjasama di bidang pengembangan pertanian dan perkebunan di provinsi Kalteng.

“Kerjasama ini antara Indonesia dan UEA, sementara Kalteng telah dipercaya oleh pemerintah pusat, tentunya kami Pemprov Kalteng sangat senang dan bangga atas dipilihnya Kalteng untuk kerjasama dalam bidang Holtikultura ini,” beber Gubernur kepada media usai melakukan penandatanganan Latter of Intent di ruang rapat Sekda Kantor Gubernur Kalteng.

Dalam kerjasama ini, pihaknya menyebut, Kalteng diminta pemerintah pusat untuk menyediakan lahan seluas 100 ribu hektare, namun Gubernur mengatakan untuk tapahan awal pihak Pemprov akan menyediakan sekitar 5 ribu hektare, sembari Pemprov berlahan-lahan menyiapkan lahan yang akan dipergunakan kedepannya.

Gubernur menyakini adanya kerjasama ini sangat baik, pasalnya holtikultura ini nantinya akan menanamkan buah-buah tropis seperti durian, rambutan, nenas, lemon, buah naga dan lainnya yang akan di kembangkan melalui kerjasama tersebut.

“Dengan kerjasama ini, pasti akan merambat ke pembangunan bidang infrastruktur, karena nantinya pajak di pertanian akan terakomodir, serta masyarakat di daerah perkebunan kita akan berdayakan,” beber Gubernur.

Selaku Gubernur Kalteng, Sugianto berharap kerjasama Kalteng dengan UEA akan berjalan sukses, meski pihaknya mengakui untuk invesfasi memerlukan waktu yang cukup lama untuk medapatakan hasilnya.

Lebih lanjut Gubernur mengungkapkan, kedepannya, kerjasama yang akan di sepakati Pemprov dengan pihak investor tidak hanya bidang hortikultura, namun pihaknya menginginkan bidang-bidang yang lainnya juga. “Jika keadaan Kalteng ini menarik, aman dan masyarakat menerima investor, pasti akan ada investor-investor lain seperti, pendidikan dan lain-lainnya,” pungkas Gubernur Kalteng dengan harap.(YM)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close