Kadis PKP Rencanakan Buat Raperda Peternak Ikan

Kadis PKP Letus Guntur (kanan) bertemu dengan peternak ikan. Mendengar kemajuan dan kendala yang dihadapi peternak ikan.(Media Dayak/Novri JK Handuran).

Kuala Kurun, Media Dayak

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Gunung Mas (Gumas),
Letus Guntur, mengatakan diperlukan regulasi untuk usaha peternakan ikan di Gumas.

“Saya fikir alangkah baiknya kalau ada Perda (Peraturan Daerah) terkait peternakan ikan di Kabupaten Gunung Mas. Perda yang memberi dampak positif untuk peternak ikan di wilayah ini,” kata Letus, Kamis(6/2).

“Saya dan teman-teman yang ada di dinas ini akan mulai membuat konsep Raperda (Rancangan Peraturan Daerah). Nantinya (Raperda) di bawa ke teman-teman legislatif untuk dibahas bersama,sebelum akhirnya ditetapkan menjadi Perda,” sambung Letus.

Raperda yang dibuat, lanjut dia, dalam upaya menjamin terselenggaranya peternakan ikan di Gumas secara optimal, berdayaguna, berhasil guna dan berkelanjutan, untuk meningkatkan kesejahteraan peternak ikan dan masyarakat Gumas umumnya.

“Raperda yang selanjutnya menjadi Perda dalam upaya meningkatkan taraf ekonomi peternak ikan, meningkatkan ketersediaan, penyebaran dan konsumsi, meningkatkan produktivitas dan nilai tambah serta mendorong kesempatan kerja,” tutur Letus.

Menurut Letus, melalui Raperda yang selanjutnya menjadi Perda, pihaknya ingin pengelolaan sektor perikanan di Gumas didasarkan asas keadilan, kebersamaan, kemitraan, pemerataan, kelestarian dan kemandirian.

Ia pun menandaskan, sektor perikanan potensial di Gumas. Budidaya perikanan darat dengan jenis ikan yang dibudidayakan, seperti gurami, nila, patin dan lele.

“Dalam hal penyediaan bibit ikan,balai benih ikan di Tewah dan Kurun sudah dapat memproduksi benih ikan. Masyarakat yang ingin membeli benih ikan, silahkan datang ke balai benih ikan yang ada di Kurun dan Tewah,” pungkas Letus.(Nov)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close