Kader PKK Kelurahan Melayu Diberi Pelatihan

PELATIHAN KADER PKK – Camat Teweh Tengah M Mastur saat memberikan sambutannya pada pembukaan pelatihan kader PKK di aula kantor Kelurahan Melayu, Kamis kemarin. (Media Dayak : Diskominfosandi Barut)

Muara Teweh, Media Dayak

Dalam rangka meningkatkan peran wanita dalam pembangunan, perlu ditingkatkan pengetahuan dan ketrampilannya. Hal ini tentunya akan berimbas juga pada peningkatan kesejahteraan keluarga maupun masyarakat.

Untuk itu, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Barito Utara bekerjasama dengan Pemerintah Kelurahan Melayu memberikan pelatihan 10 Program Pokok PKK kepada kader PKK Kelurahan Melayu di aula Kantor Kelurahan Melayu, Kamis (6/2).

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua TP PKK Barito Utara, Hj Sri Hidayati didampingi Camat Teweh Tengah, H Mastur, Lurah Melayu Reddy Nugraha dan dihadiri oleh Ketua dan anggota TP PKK Kecamatan Teweh Tengah, Ketua dan anggota TP PKK Kelurahan Melayu serta kader PKK Kelurahan Melayu.

“PKK sebagai sebuah gerakan telah mampu memberikan manfaat ganda bagi kesejahteraan dan masyarakat melalui kegiatan 10 Program Pokok PKK,” kata Ketua TP PKK Barito Utara, Hj Sri Hidayati, saat memberikan sambutannya pada pembukaan pelatihan.

Dijelaskannya, dalam pelaksanaan kegiatan 10 Program Pokok PKK, tentunya belum dapat dilaksanakan semuanya dengan baik. “Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain situasi, kondisi, pendidikan adan kemampuan dari kader PKK itu sendiri,” jelasnya.

Selain itu, Ketua TP PKK juga mengatakan, faktor lain yang perlu diperhatikan termasuk kesadaran dari warga masyarakat, ketersediaan sarana dan prasarana pendukung. Sri Hidayati mengharapkan agar usaha-usaha yang telah dilaksanakan seperti pelaksanaan peran serta TP PKK dalam meningkatkan akseptor KB, peningkatan fungsi PAUD, partisipasi dalam mengurangi buta aksara.

“Dan program dalam rangka peningkatan kesetaraan gender. Lanjutkan dan tingkatkan terus kiprah pengabdian tersebut, karena kiprah kita masih sangat diperlukan,” kata Hj Sri Hidayati.

Lebih lanjut, dikatakan Sri Hidayati, selain menjadi dinamisator program dan kegiatan, TP PKK terus membina para kader, kelompok-kelompok PKK dan Dada Wisma serta masyarakat luas. Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pemberian materi pelatihan bagi TP-PKK Kelurahan Melayu beserta kader Dasa Wisma RT.23b Kelurahan Melayu. (lna)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close