Kabupaten Layak Anak, Rumbun: Target Kita 2022

Rumbun,S.Km,M.Kes

Kuala Kurun,Media Dayak

    Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Rumbun menargetkan Kabupaten Gumas  memperoleh status Kabupaten Layak Anak(KLA)tahun 2022.

“Kami optimis tahun 2022 Kabupaten Gunung Mas menjadi Kabupaten Layak Anak.Tentunya dengan kerja keras dan dukungan semua OPD,karena untuk mendapatkan itu(KLA)dibutuhkan kerjasama semua OPD,tidak hanya dinas P3A,” kata Rumbun,Jumat(26/7).

Sebuah Kabupaten/Kota yang mendapatkan status KLA, kata Rumbun, harus memenuhi 24 indikator yang ada berdasarkan Permen PPPA RI nomor 13 tahun 2011,antara lain adanya persentase anggaran untuk pemenuhan hak anak,termasuk anggaran untuk penguatan kelembagaan, tersedianya SDM terlatih konvensi hak anak dan mampu menerapkan hak anak kedalam kebijakan,program dan kegiatan.

“Tersedianya data anak terpilah menurut jenis kelamin, umur dan kecamatan. Keterlibatan lembaga masyarakat dalam pemenuhan hak anak, keterlibatan dunia usaha dalam pemenuhan hak anak, tersedianya fasilitas informasi layak anak, dan indikator lainnya,” ujar Rumbun.

Menjadi KLA, kata Rumbun, Kabupaten Gumas harus mampu memenuhi 24 indikator yang sudah ditentukan. “Pemenuhan 24 indikator itu sebuah keniscayaan supaya kita (Gumas) menjadi Kabupaten Layak Anak di tahun 2022,” tuturnya.

Apa saja KLA itu?,Mantan Camat Rungan itu mengatakan,KLA adalah suatu pembangunan Kabupaten/Kota yang mengintegrasikan komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan,program dan kegiatan untuk pemenuhan hak-hak anak.(Nov)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close