Kaban Kesbangpol Pastikan Kalteng Tidak Masuk Daerah Rawan Pilkada

Kaban Kesbangpol Kalteng Agus Pramono. (Media Dayak/Yanting)

Palangka Raya, Media Dayak

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kalteng Agus Pramono menegaskan bahwa kerawanan Pilkada tidak akan terjadi di Kalteng.

“Jika Kalteng dianggap zona merah atau sebagai daerah rawan Pilkada saya pikir perlu koreksi hal itu, karena selama ini pelaksanaan Pilkada di Kalteng berjalan kondusif,” katanya saat diwawancarai di Kantor Kesbangpol Kalteng, Kamis (6/2).

Bukan tanpa alasan Agus Pramono mengatakan demikian, pasalnya beberapa waktu lalu, Bawaslu RI menyebutkan bahwa Kalimantan menjadi salah satu daerah rawan Pilkada, apabila berdasarkan pada Pilkada terakhir yakni 2015. Menurut Kaban Kesbangpol ini hal itu perlu pihaknya koreksi terlebih untuk wilayah Kalteng.

Agus Pramono juga mengungkapkan, jika Kalteng merupakan yang aman, dan Kalteng juga merupakan daerah yang mana perbedaan itu adalah hal biasa, apalagi dalam pemilhan pemimpin. “Masyarakat Kalteng ini sudah biasa berbeda pilihan, termasuk Pilkada ini,” ungkapnya.

Pihaknya menjelaskan, Kalteng pun sudah beberapa kali melaksanakan Pilkada serta Pemilu, sehingga dianggap sudah berpengalaman dalam melaksanakannya. Justru sebaliknya, pihaknya menilai bahwa demokrasi di Kalteng selama ini berjalan dengan baik.

Sementara itu, jika dikatakan dalam pelaksanaan Pilkada berpotensi terjadi gesekan itu pasti ada, tetapi gesekan itupun terjadi antara relawan dan tim sukses saja. Namun, tambahnya, hal itupun wajar terjadi.

“Jika masyarakat saya rasa tidak terjadi gesekan, karena gesekan biasa terjadi antara tim suksesnya, tetapi gesekan pun masih dalam batas dan tidak terjadi kriminalitas atau pidana,” pungkasnya.(Ytm/Lsn)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close