Jalan Desa Rimba Sari II ke Datai Nirui Rusak Parah

JALAN RUSAK-Jalan dari Desa Rimba Sari II menuju Desa Datai Nirui, Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barito Utara (Barut) dikeluhkan warga setempat karena rusak parah.(Media Dayak/ist)

Muara Teweh, Media Dayak

Rusaknya jalan dari Desa Rimba Sari II menuju Desa Datai Nirui, Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barito Utara (Barut) dikeluhkan warga setempat karena rusak parah.

Jalan tersebut mengalami kerusakan yang cukup parah di beberapa titik, diduga akibat aktivitas mobil angkutan bermuatan berat. Warga setempat sangat berharap pemerintah daerah melalui Dinas Pekerjaan Umum dan penataan Ruang (PUPR) dapat melakukan penanganan terhadap jalan yang menghubungkan antar desa tersebut.

Apabila tidak maka akses masyarakat akan sangat terganggu, dan hal ini pun berdampak terhadap perekonomian masyarakat setempat, sebab warga sangat bergantung dengan jalan tersebut untuk memasarkan hasil pertaniannya ke ibukota kabupaten.

Mantan Kepala Desa (Kades) Rimba Sari II, Kurnadi Tantoso yang dikonformasi wartawan membenarkan bahwa jalan yang menghubungkan Desa Rimba Sari II dan Datai Nirui mengalami rusak parah. Kerusakan parah ini disebabkan karena hujan terus menguyur wilayah tersebut.

“Intensitas hujan yang cukup tinggi di awal tahun 2020 membuat beberapa titik jalan lintas Desa Sei Rahayu II menuju Desa Datai Nirui, Kecamatan Teweh Tengah mengalami kerusakan yang cukup parah di beberapa titik,” kata Kades Rimba Sari II Kurnadi Tantoso, Minggu (12/1).

Kades juga mengatakan, bahwa rusaknya jalan ini juga menghambat dalam pembangunan di desa. Sebab untuk material bangunan juga kesulitan untuk melalui jalan tersebut.

Sementara dihubungi terpisah, Kepala Dinas PUPR Barito Utara, Ir Iwan Rusdani MP melalui Kepala Bidang Bina Marga PUPR, H Rody Minggu (12/1) mengatakan bahwa untuk tahun 2020 ini jalan Trans 52 – Trans 55 tersebut saat ini dalah tahap lelang.

“Tahun 2020 melalui dana APBD Barito Utara jalan Trans 52–Trans 55 akan dilakukan perbaikan dan saat ini masih dalam tahap leleng,” katanya.(lna/Lsn) 

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close