Istri Mantan Menteri Lingkungan Hidup Mendaftar ke PDIP

Nyelong Inga Simon, saat pengambilan formulir pendaftaran bakal calon Pilkada Kalteng 2020, di Sekretariat DPD PDIP Kalteng.(Media Dayak/Novan)

Palangka Raya, Media Dayak

       Menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) yang akan dilaksanakan secara serentak pada tahun 2020 mendatang, sejumlah tokoh baik dari Petahana maupun kader Partai saat ini telah mempersiapkan diri untuk kembali memeriahkan pelaksanaan Pesta Demokrasi yang berlangsung setiap 5 tahun tersebut.

Salah satunya seperti Nyelong Inga Simon, yang merupakan Istri dari mantan Menteri Lingkungan Hidup Alexander Sonny Keraf pada masa Pemerintahan Presiden Republik  ke – V Megawati Soekarnoputri.

Menurut Nyelong, ada beberapa alasan dan kriteria yang membuat dirinya terdorong untuk berpartisipasi dalam Pesta Demokrasi Kalteng tahun 2020 mendatang khususnya pada perebutan kursi Gubernur dan Wakil Gubernur. Diantaranya yaitu Tugas dan fungsi Gubernur maupun Wakil Gubernur dalam pelaksanaan fungsi pengawasan yang sesuai dengan latar belakangnya saat berkiprah di kancah Birokrasi.

“Ada empat kriteria untuk menjadi seorang Gubernur dan Wakil Gubernur, diantaranya yaitu membidangi pengawasan dan hal tersebut dijawab dengan latar belakang saya, yang berkiprah di Birokrasi tingkat nasional selama 14 tahun 8 bulan dan sampai saat ini tidak ada cacat, berurusan dengan hukum perdata atau Pidana, serta bersentuhan dengan kesalahan Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN),”Ucap Nyelong, saat diwawancarai media ini, usai mengambil formulir pendaftaran bakal calon kepala daerah,di Sekretariat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kalteng, jalan RTA. Milono, Jumat (20/9).

Dirinya juga mengatakan, untuk kriteria kedua memiliki sensitifitas dibidang Politik, karena selain melaksanakan tugas dan fungsi pengawasan, seorang Gubernur dan Wakil Gubernur juga harus mampu melihat perspektif dunia perpolitikan, sehingga dirinya dianggap mampu dan memenuhi kriteria kedua tersebut.

“Seorang Gubernur dan Wakil Gubernur juga harus mampu melihat perspektif dunia perpolitikan, sehingga saya dianggap mampu dan memenuhi kriteria kedua tersebut oleh masyarakat serta kolega saya, karena pernah menjabat sebagai Wakil sekretaris DPD PDIP Kalteng tahun 2002.”Ujarnya.

Selain itu, sambung Nyelong, kriteria ketiga untuk menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur adalah harus memiliki kemampuan kepemimpinan serta mampu mengayomi masyarakat, dimana hal ini sesuai latar belakang Nyelong sebagai seorang pendidik selama 23 tahun dan pernah menjabat sebagai sebagai seorang Direktur Pemberdayaan Daerah Tertinggal (PDT) Kementrian Desa, sehingga dirinya memiliki kemampuan Managerial serta kemampuan untuk mengayomi masyarakat.

“Nyelong Inga Simon, memiliki kemampuan bukan hanya dari hal Managerial, tetapi juga mengayomi, karena latar belakang saya yang seorang pendidik selama 23 tahun sebagai Dosen Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Palangka Raya (UPR) dan pernah menjabat sebagai Pimpinan yaitu menjadi Direktur Pemberdayaan Daerah Tertinggal (PDT) Kementrian Desa selama 14 tahun, bahkan saya juga berkiprah didalam Organisasi sosial Lembaga perempuan Dayak Kalimantan, PWKI, yayasan Argadia, pengembangan Putri Indonesia, Putri Kampus dan Putri Citra,”Terangnya.

Dikatakan Nyelong, Kriteria Ke empat adalah sampai saat ini, dalam sejarah Bumi Tambun Bungai kaum perempuan tidak pernah menduduki jabatan sebagai Gubernur maupun Wakil Gubernur, sehingga hal ini membuat dirinya terpanggil untuk mencalonkan diri menjadi Kepala Daerah.

“Selama ini kaum perempuan tidak pernah menduduki jabatan sebagai Gubernur maupun Wakil Gubernur, sehingga hal ini membuat saya semakin terpanggil. Bahkan dengan adanya permasalahan kabut asap seperti sekarang ini, saya tidak ingin Pemerintah dicap oleh masyarakat tidak ada. Oleh karena itu saya siap maju dalam pesta Demokrasi dan saya yakin serta mampu mengatasi permasalahan di Kalteng dengan bahu membahu mengemban tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan oleh masyarakat untuk memimpin Kalteng,”Pungkasnya.(Nvd)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close