Isolasi 21 Warga Tahai Jaya, Pemkab Dirikan Dapur Umum Tagana

Dapur Umum Posko Tagana yang disalurkan oleh Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Sosial Kabupaten Pulang Pisau untuk memberikan kebutuhan makan minum 21 warga Desa Tahai Jaya Kecanatan Maliku yang di karantina. (Foto Media Dayak- HM/Sadiyo)

Pulang Pisau Media Dayak

Paska diumumkannya pasien ke-3 positif Virus Corona atau Covid-19 di Palangka Raya, Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Provinsi dan Kabupaten Pulang Pisau melakukan Tracking atau pelacakan kontak pasien Covid-19.

Akhirnya diketahui, Pasien ke-3 Positif Covid-19 sempat menginap di Desa Tahai Jaya Kecamatan Maliku Kabupaten Pulang Pisau pada tanggal 11-13 Maret 2020 yang lalu. 

Karena hal tersebut, terpaksa dua puluh satu warga Desa Tahai Jaya Kecamatan Maliku Kabupaten Pulang Pisau, yang merupakan kerabat pasien tersebut, harus dikarantina dan ditetapkan statusnya sebagai orang dalam pengawasan (ODP).

Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau pun membentuk Satgas dan Posko Gugus Tugas untuk memastikan bahwa 21 warga yang dikarantina tersebut betul-betul menaati aturan dan imbauan yang diberikan, sehingga dapat memutus rantai penularan Virus Covid-19.

Berdasarkan laporan dan data yang diperoleh, 21 warga tersebut dikarantina secara mandiri di rumahnya masing-masing yang berjumlah tujuh buah rumah di dalam satu jalur.

Kebutuhan makanan dan minuman 21 warga tersebut menjadi tanggungan Pemerintah Daerah yang akan disalurkan melalui Dinas Sosial Kabupaten Pulang Pisau.

Hingga Kamis (26/03/2020), Dinas Sosial mengirimkan Posko Dapur Umum Satuan Tagana yang dipimpin oleh Ismail selaku Kordinator Lapangan bersama lima orang anggota tim yang akan dibantu oleh Pemerintah Desa Tahai Jaya.

Ismail mengatakan, dapur umum diperuntukkan untuk 21 warga yang dikarantina, juga disediakan untuk Satgas Posko Gugus Tugas yang ada di Desa Tahai Jaya dalam rangka menjaga serta mengawasi warga yang dikarantina tersebut.

Sementara itu Kepala Desa Tahai Jaya Jasimin mengaku terkejut dengan dikirimnya Dapur Umum Tagana dari Dinas Sosial. “Saya sangat berterima kasih bahwa Pemerintah Daerah begitu Tanggap dan Perhatian khususnya dalam membantu proses karantina warga Desa ini,” pungkasnya (HM/Sadiyo)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close