IPM Merupakan Indikator Penting Mengukur Keberhasilan Kualitas SDM

TERIMA KUNJUNGAN BPS – Bupati Barito Utara, H Nadalsyah didampingi Wakil Bupati, Sugianto Panala Putra dan Sekda H Jainal Abidin, saat menerima kunjungan Kepala BPS Barito Utara, Ahmad Nasrullah diruang kerja Bupati, Selasa (3/3).(Media Dayak : Diskominfosandi Barut)

Muara Teweh, Media Dayak

Kepala BPS Kabupaten Barito Utara (Barut), Ahmad Nasrullah, menjelaskan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) diperkenalkan oleh UNDP pada tahun 1990 dan metode penghitungan direvisi pada tahun 2010.

“Badan Pusat Statistik mengadopsi perubahan metodologi penghitungan IPM yang baru pada tahun 2014. IPM dibentuk oleh tiga dimensi dasar, yaitu umur panjang dan hidup sehat, pengetahuan, dan standar hidup layak,” kata Ahmad Nasrullah, Selasa (3/3) diruang kerja Bupati Barito Utara.

Dikatakannya, umur panjang dan hidup sehat digambarkan oleh Umur Harapan Hidup saat lahir (UHH), pengetahuan diukur melalui indikator Rata-rata Lama Sekolah dan Harapan Lama Sekolah.

“Sedangakan standar hidup yang layak digambarkan oleh pengeluaran per kapita disesuaikan, yang ditentukan dari nilai pengeluaran per kapita dan paritas daya beli,” jelas Kepala BPS Barito Utara.

IPM katanya, dihitung berdasarkan rata-rata geometrik indeks kesehatan, indeks pengetahuan, dan indeks pengeluaran. Pengelompokan level IPM terdiri dari “sangat tinggi” (IPM ≥ 80), level “tinggi” (70 ≤ IPM < 80), level “sedang” (60 ≤ IPM < 70) dan level “rendah” (IPM < 60).

“Untuk Kabupaten Barito Utara, saat ini IPM berada pada level tinggi. Dengan komitmen Bupati Barito Utara yang terus giat dalam membangun, semoga kedepannya IPM dapat mencapai level sangat tinggi,” kata Ahmad Nasrullah.

Dikatakannya, IPM merupakan indikator yang digunakan untuk melihat perkembangan pembangunan dalam jangka panjang. Untuk melihat kemajuan pembangunan manusia, terdapat dua aspek yang perlu diperhatikan, yaitu kecepatan dan status pencapaian.

“IPM juga merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas manusia (masyarakat/penduduk). IPM menjelaskan bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya,”katanya lagi. (lna)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close