Investor UEA Tertarik Investasi Bidang Tanaman Pangan

Fahrizal Fitri

Palangka Raya, Media Dayak

      Uni Emirat Arab(UEA)akan melakukan investasi di Indonesia,khususnya di bidang pengembangan tanaman pangan. Kalimantan Tengah(Kalteng)menjadi salah satu daerah yang menjadi daya tarik dalam rencangan pengembangan investasi tersebut.

Beberapa waktu lalu delegasi dari UEA didampingi Dirjen Perkebunan,serta Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang)Kementerian Pertanian,berkunjung ke sejumlah wilayah di Palangka Raya. Kunjungan yang didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Fahrizal Fitri ini untuk mengambil sampel air dan tanah di beberapa tempat yang dianggap potensial.

“Pihak UEA akan mengembangkan sektor-sektor di bidang pertanian,khususnya tanaman pangan, seperti padi,jagung,buah-buahan dan komoditas lainnya yang nantinya akan diekspor,” kata Sekda Kalteng Fahrizal Fitri, Senin (5/8).

Dari sekian banyak komoditas pertanian yang berpotensi untuk dikembangkan di Kalteng,Sekda menyebutkan tim dari UEA cukup tertarik terhadap pengembangan buah naga yang ada di Kelurahan Kalampangan Kota Palangka Raya.

“Setelah melakukan penelitian dan mengambil sampel tanah dan air,nanti mereka kembali lagi ke Kalteng untuk melakukan penelitian lebih detail dan survei berkenaan dengan rencana investasi tersebut,” ucapnya.

Sekda memastikan rencana investasi ini tidak ada kaitannya dengan rencana pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan. Rencana investasi tersebut sepenuhnnya karena katertarikan UEA terhadap potensi yang ada di Kalteng.

Hal tersebut juga dapat dilihat dari alasan investasi yang menekankan pada keperluan ekspor ke depannya.

Lebih lanjut,dia mengharapkan sumber daya manusia(SDM)lokal dapat dilibatkan disaat kegiatan investasi ini mulai berjalan. Karena tujuan dari pengembangan komoditas pertanian tersebut untuk keperluan ekspor,hasil pertanian masyarakat sekitar mesti ditampung untuk juga dijual.

“Semua itu sudah disampaikan kepada delegasi. Dan kita harapkan saat sudah berjalan, SDM lokal bisa terlibat, sehingga bisa membantu perekonomian masyarakat,” pungkasnya.(YM) 

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close