HWK Akan Gelar Mubes Agar Bersatu dan Modern

Wakil Ketua Panitia Pelaksana Mubes HWK, Kubota (tengah) didampingi sejumlah panitia pelaksana Mubes HWK, Minggu (31/3).(Media Dayak/Asep)

Palangka Raya, Media Dayak

         Himpunan Warga Katingan (HWK) akan menggelar Musyawarah Besar (Mubes) HWK di Betang Hapakat Palangka Raya agar seluruh warga dayak Katingan dapat bersatu dan modern atau mengikuti perkembangan zaman.

“Ada harapan besar dari sesepuh HWK pada Mubes HWK nanti untuk wujudkan dua kata kunci, yaitu bersatu dan modern,” kata Sekretaris Steering Committee (SC) Panitia Pelaksana Mubes HWK, Rizky Mahendra saat jumpa pers, Minggu (31/3).

Calon Anggota Legislatif DPRD Kalteng ini mengatakan, selama ini warga Dayak Katingan yang berasal dari dari hulu sampai hilir sungai Katingan masih memiliki wadah yang terpisah-pisah, sehingga Mubes HWK diharapkan dapat menghimpun seluruh wadah tersebut dalam satu kesatuan.

Sedangkan untuk tujuan modern, Caleg nomor 5 dari Partai Gerindra ini mengatakan, kepengurusan HWK dan kegiatan HWK akan menyesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.

“Bukan hanya kepengurusan yang akan dijabat oleh pemuda, tapi cara mengelola HWK juga mengutamakan kolektif kolega agar HWK tidak dimanfaatkan untuk kepentingan tertentu. HWK juga akan manfaatkan teknologi untuk ubah mindset warga Katingan agar tidak lagi tersekat-sekat,” terang Rizky Mahendra.

Ketua SC Panitia Pelaksana Mubes HWK, Thoeseng TT Asang mengatakan, HWK pada awalnya akan menggelar Musda. Tapi karena saran dan pertimbangam dari sesepuh, akhirnya mengadakan Mubes untuk kumpulkan warga Katingan di seluruh daerah.

“Selain memilih pengurus baru, Mubes akan membahas masalah peningkatan status HWK dari tingkat kota menjadi provinsi, bahkan nasional. Mengingat keterbatasan waktu, kita akan melaksanakan Pra Mubes guna mempersiapkan bahan untuk peningkatan status HWK tersebut,” katanya.

Sementara Itu Wakil Ketua Panitia Pelaksana Mubes HWK, Kubota mengundang seluruh warga Katingan untuk berpartisipasi dan menyukseskan Mubes HWK yang dimeriahkan dengan pagelaran seni, masak dan makan bersama.

“Pelaksanaan Mubes pada Sabtu 6 April 2019 di Betang Hapakat Palangka Raya. Agenda utama Mubes HWK adalah untuk meningkatkan solidaritas warga Katingan di Kalteng, khususnya di Palangka Raya, dan memilih kepengurusan HWK yang baru,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Kubota meminta semua pihak untuk memastikan pelaksanaan Mubes HWK akan berlangsung damai tanpa ada afiliasi dengan kegiatan politik. “Kami juga berharap agar hasil Mubes HWK membuat seluruh warga Katingan dapat lebih mandiri dan memiliki peran dalam pembangunan,” demikian Kubota mengakhiri.(aw)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close