HPN 2020, Jaya Ingatkan Pers Makin Profesional

Bupati Jaya Samaya Monong menghadiri HPN tahun 2020 yang digelar di halaman kantor pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (08/02/2020) pagi.(Media Dayak/Ist)

Kuala Kurun, Media Dayak

Bupati Gunung Mas (Gumas), Jaya Samaya Monong menghadiri Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang digelar di halaman kantor pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (08/02/2020) pagi.

HPN 2020 mengusung tema ‘Pers Menggelorakan Kalimantan Selatan Sebagai Gerbang Ibukota Negara’ dihadiri Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Melalui aplikasi pesannya kepada media ini, Jaya menyampaikan ucapan selamat HPN tahun 2020 kepada pers Indonesia, khususnya pers di Gumas.

“Pers itu mitra pemerintah dalam pembangunan. Peran pers sangat strategis, terutama dalam pembangunan di Kabupaten Gunung Mas. Saya berharap pers, khususnya pers yang ada di Kabupaten Gunung Mas dapat terus meningkatkan profesionalitasnya, menjalankan tugas pokok dan fungsinya dengan baik, bersama-sama Pemerintah Kabupaten Gunung Mas membangun Kabupaten Gunung Mas yang bermartabat, maju, berdaya saing, sejahtera dan mandiri,” kata Jaya.

Jaya berharap wartawan yang bertugas di Gumas dapat memahami dan mentaati UU nomor 40 tahun 1999 tentang pers.

“Salah satu poin dalam regulasi itu (UU nomor 40 tahun 1999) menyatakan wartawan memiliki dan mentaati kode etik jurnalistik. Kode etik jurnalistik merupakan himpunan etika profesi kewartawanan,” tegas dia.

Bupati yang dekat dengan pewarta itu menyebut sejumlah poin kode etik jurnalistik yang harus difahami dan ditaati pers, yakni wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistiknya.

“Wartawan Indonesia harus selalu menguji informasi, memberitakan secara berimbang, tidak mencampurkan berita dan opini yang menghakimi, serta menerapkan asas praduga tak bersalah,” kata Jaya.(Nov)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close