Hari Konservasi Nasional Momentum Melestarikan Lingkungan

Fahrizal Fitri

Palangka Raya, Media Dayak

     Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah(Kalteng)Fahrizal Fitri mengemukakan hari konservasi nasional, dijadikan momentum melestarikan lingkungan alam sekitar.

Fahrizal Fitri menyampaikan hal tersebut, saat menyampaikan sambutannya di acara Konservasi Alam Nasional yang jatuh tiap tanggal 21 Agustus, di Pelabuhan Kereng Bangkirai, Rabu (21/8). 

Menurut Sekda Kalteng, sumber daya alam Kalteng sangat kaya raya, salah satu kekayaan alam Kalteng adanya kawasan gambut terdalam di dunia di Taman Nasional Sebangau.

Gambut, menurut Fahrizal menyimpan cadangan karbon, dan penyediaan oksigen bagi umat manusia.

“Selain itu kawasan hutan gambut berfungsi untuk hidrologoli atau cadangan air, seperti spon, bila kering mudah terbakar. Karena itu perlu dijaga jangan sampai terbakar,” ujar mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalteng tersebut.

Diungkapkan saat ini, ada peningkatan 50 persen naik dari 2017 hingga tahun 2018. “Kami jaga terus agar lestari dan bermanfaat bagi masyarakat dan dunia. Termasuk obyek wisata Pelabuhan Kereng Bangkirai yang dikelola Pemerintah Kota Palangka Raya,  masuk kawasan, tanaman nasional sebangau,” terang Fahrizal Fitri.

Karena itu, pihaknya menyebut peran masyarakat Kereng Bangkirai untuk jadi agen pelestarian alam dan lingkungan, sangat diharapkan.

“Kawasan konservasi merupakan penyangga kehidupan manusia, melalui jasa konservasi, di taman nasional sebagau terdapat orang utan sekitar 5.000 ekor lebih, sedangkan luasnya 560.000 Ha lebih,” paparnya.

Lebih lanjut, Sekda menyebut, keberadaan taman nasional sebagau, sangat mendukung ibu kota negara dengan rencana konsep green city. Untuk itu pihaknya mengatakan, seluruh masyarakat dalam pelestarian taman nasional yang ada di Kalteng perlu dilibatkan.

“Itu bisa dilakukan sengan stop buang sampah sembarangan, stop pandalisme, stop buang plastik sembarangan dan lain-lainnya,” tegas Sekda Kalteng.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Kalteng Sri Suwanto didampingi Ketua Panitia Peringatan Hari Konservasi Nasional Agustan Kalteng menyebutkan ada beberapa kegiatan dalam memeriahkan hari konservasi. Diantaranya melepas burung serindit Melayu 15, Cucah hijau 6, kangkareng 1, rangkong 1 ekor dan juga aksi pengumpulan sampah.(YM)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close