Hanya 98 Ormas dan LSM Aktif di Kalteng

Kepala Badan Kesbangpol Kalteng, Agus Pramono 

Palangka Raya, Media Dayak

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kalimantan Tengah (Kalteng) mencatat Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang terdaftar secara resmi sebanyak 603. Namun dari jumlah tersebut hanya 98 Ormas dan LSM yang dinyatakan aktif.

Kepala Badan Kesbangpol Kalteng, Agus Pramono mengatakan, dari jumlah tersebut ada beberapa ormas yang mendapat perhatian khusus di Kalteng dari pihaknya, seperti Gafatar, NII, Ahmadiyah, dan HTI.

“Memang Ormasnya secara kelembagaan sudah tidak ada, tetapi orangnya masih ada, dan itulah yang kita awasi, karena Ormasnya sudah bubar, tetapi orang-orangnya kan masih ada,” bebernya kepada media saat dijumpai di ruang kerjanya, Kamis (06/02/2020).

Pihaknya menyebut, pembinaan yang dilakukan dari Kesbangpol biasanya berupa melakukan silaturahmi, memberikan pemahaman tentang NKRI, dan membawa anggota Ormas yang bubar membaur dengan masyarakat sekitarnya.

Selain itu, Agus Pramono juga mengungkapkan peranan Ormas yang ada di Kalteng dalam membangun Kalteng saat ini sudah cukup baik. 

“Kalau mulai melenceng, ya kita awasi dan mendapat perhatian dari kita. Misalnya akan dilakukan pembinaan supaya sesuai dengan tujuan visi dan misi yang telah ditetapkan Ormasnya,” terangnya.

Kepala Badan Kesbangpol Kalteng ini menyatakan, Ormas dan LSM berkewajiban melaksanakan kegiatan sesuai tujuan organisasi, “Karena Ormas itu sebaiknya melaksanakan kerjaannya sesuai dengan tujuan organisasi yang ada di visi misinya, menjaga keutuhan NKRI, memelihara nilai agama, moral, menjaga ketertiban umum dan lainnya,” ujarnya.

Agus berharap, ormas dan LSM yang ada di Kalteng memiliki tujuan sebagaimana diatur oleh UU 17 tahun 2013, yakni yang tujuannya adalah berpartisipasi dalam pemberdayaan masyarakat, memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Dan yang paling penting, menjaga nilai agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa,” pungkasnya.(Yanting/aw)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close