Guru dan Siswa SDN Kurun 3 dan Kurun 1 Dapat Arahan Dari Kadisdikpora

Kadisdikpora Gumas, Agung, memberikan arahan ke Kepsek dan Guru SDN Kurun 3 dan Kurun 1.(Media Dayak/Novri JK Handuran).

Kuala Kurun,Media Dayak

Kepala Sekolah (Kepsek), guru dan siswa/siswi SDN Kurun 3 dan Kurun 1, Kelurahan Kuala Kurun, Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Jumat (14/2) pagi mendapat arahan dari Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olah Raga (Kadisdikpora) Gumas, Agung.

Agung mengatakan dirinya yang didampingi Kabid Pembinaan Ketenagaan, Wandra, serta Kasi Kelembagaan dan Sarana Prasarana SD/SMP, Imanuel Nopri, dan sejumlah staf Disdikpora lainnya sudah mengunjungi kurang lebih 100 sekolah di Kecamatan yang ada di Gumas, dan terakhir di SDN Kurun 3 dan Kurun 1, dalam rangka menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai penanggung jawab di bidang pendidikan, dengan memberikan arahan dan penyadaran kepada kepsek dan guru untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan maksimal.

“Di sekolah yang sudah kami kunjungi, dan di sekolah ini (SDN Kurun 3 dan Kurun 1), saya mengajak Bapak/Ibu Guru untuk menjalankan tugas pokok dan fungsinya dengan baik. Mencintai dan setia terhadap tugas dan tanggung jawab, sebagaimana layaknya suami mencintai isterinya, dan isteri mencintai suaminya. Karena dengan cinta dan setia, Bapak/Ibu guru menjalankan tugas dan tanggung jawan dengan sungguh-sungguh, tidak setengah-setengah, tidak suam-suam kuku,” kata Agung.

Kadisdikpora Gumas, Agung, memberikan arahan dan motivasi ke siswa/siswi SDN Kurun 3 dan Kurun 1.(Media Dayak/Novri JK Handuran).

Agung menyatakan, kepsek dan guru memiliki tanggung jawab terhadap kualitas anak didik dan kemajuan sekolah. Kepsek dan guru harus memberikan panutan yang baik kepada anak didik dan masyarakat melalui sikap, perbuatan dan tutur kata yang baik, karena guru di gugu dan ditiru.

“Saudara-saudara (kepsek dan guru) adalah orang yang diharapkan memberikan ilmu pengetahuan kepada peserta didik.Orang tua mempercayakan anaknya untuk dididik oleh saudara-saudara agar memiliki kecerdasan, memiliki pengetahuan sebagai bekal meraih asa dan cita-citanya. Maka tunaikan tugas saudara-saudara dengan baik. Tingkatkan kualitas diri dan kedisplinan saudara, karena dengan kualitas diri saudara-saudara, peserta didikpun akan berkualitas,” urai Agung.

Semua kita, lanjut mantan Sekwan itu, memiliki kelemahan. Tapi jangan kelemahan lebih dominan dari kelebihan. Jangan kelemahan menjadi alasan untuk mengabaikan tugas dan tanggung jawab sebagai kepsek dan guru.

“Kelemahan harus di kalahkan dengan kemauan yang kuat untuk menunaikan tugas dan tanggungjawab, mendidik siswa didik menjadi pintar dan berakhlak baik,” tegas Agung.

Kadisdikpora Gumas, Agung, memberikan arahan dan motivasi ke siswa/siswi SDN Kurun 3 dan Kurun 1.(Media Dayak/Novri JK Handuran).

Mantan camat Miri Manasa yang fasih berbahas Inggris dan bahasa Uut danom itu juga mengingatkan siswa/siswi SDN Kurun 3 dan Kurun 1 untuk gemar membaca. Dengan banyak membaca, pengetahuan akan  bertambah.

“Tidak hanya belajar di sekolah,tapi juga belajar di rumah.Rajin belajar,maka prestasi akan dapat diraih,” kata Agung ke peserta didik.

Suami Yemima yang tahun 70-an pernah bersekolah di SDN Tumbang Mahuroi itu pun mengingatkan peserta didik untuk tidak terjerumus pada pergaulan yang tidak baik, yang merugikan masa depan mereka. Seperi narkotika dan obat terlarang lainnya, minuman keras, judi, dan pergaulan bebas serta perbuatan negatif lainnya.

“Masa depan kalian harus baik, karena kalian adalah generasi penerus pembangunan daerah ini. Cita-cita kalian harus tercapai. Bagaimana caranya?, Dengan bersekolah. Sekolah menjadikan kalian cerdas dan berkarakter baik,” pungkas Agung.

Kegiatan di hadiri Kepsek SDN Kurun 3 Belie dan Kepsek SDN Kurun 1 Lider beserta seluruh guru.(Nov)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close