Gunakan DD Tahun 2019Pemdes Sikui Bangun Balai Pertemuan Desa

BALAI PERTEMUAN DESA-Balai pertemuan desa yang dibangun oleh Pemdes Sikui menggunakan dana desa (DD) tahun anggaran 2019. (Media Dayak:Pemdes Sikui)

Muara Teweh, Media Dayak

Pemerintah desa (Pemdes) Sikui, kecamatan Teweh Baru, kabupaten Barito Utara (Barut) membangun balai pertemuan desa menggunakan anggaran dana desa (DD) tahap II 100 persen tahun anggaran 2019.

 “Jadi pembangunan balai desa ini untuk tahap II 100 persen hingga selesai dengan ukuran 8 x 22 meter. Pembangunan balai desa ini diperkirakan hingga sampai saat ini mencapai 60 persen. Masih ada pekerjaan lain seperti pemasangan lantai keramik dan lainnya,” kata Kades Sikui, Saperani, kemarin.

Diungkapkannya, dalam pembangunan balai desa ini, masih ada sedikit kendala, terutama masalah lahan (tanah) yang dibangun untuk membangun balai desa ini. Pihaknya membangun balai desa ini ada memiliki sertifikat.

Tanah 25 x 40 meter yang dibangun ini merupakan hibah dari salah satu perusahaan batubara yang ada di daerah ini yaitu PT MME dan bukan dari hasil membeli dari masyarakat. Dan perencanaannya pun yang direncanakan Pemdes Sikui masuk dalam RAB termasuk pekerjaannya bukan tanah atau lahannya.

“Tapi kadang-kadang persepsi masyarakat berbeda-beda, bahwa pembangunan balai desa ini merupakan hasil dari membeli tanah dari warga. Tanah tidak dibeli tapi hibah dari PT MME dengan ukuran yang ada di sertfikat itu adalah 25 x 40 meter,” tegas Kades Sikui.

Sampai saat ini jelasnya lagi, pembanguan balai desa masih tetap berlanjut. Memang, kemarin ada salah satu warga desa Sikui yang memasang baliho dengan kata-kata “Stop Tidak Boleh Dikerjakan sebelum ada ganti rugi permasalahan tanah ini”.

Namun, pihak Pemdes Sikui meminta bantuan keamanan dari pihak kepolisian setempat bagaimana caranya menyelesaikan masalah ini.

“Yang akhirnya permasalahan tersebut bisa diselesaikan bantuan dari pihak keamanan,” kata Kades Sikui. (lna)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close